Penemuan Petroglif budaya nomaden kuno di Tibet. Foto: Dok/Metro TV
Penemuan Petroglif budaya nomaden kuno di Tibet. Foto: Dok/Metro TV

Penemuan Petroglif Budaya Nomaden Kuno di Tibet

MetroTV • 19 Mei 2022 17:22
Tibet: Para arkeolog telah menemukan sejumlah besar petroglif atau pahatan batu di wilayah Tibet, Tiongkok Barat Daya. Kurang lebih 1.372 set patahan batu dan 61 relief berstruktur batu serta 15 makam ditemukan di dekat desa tepi danau pada Agustus 2021 lalu.
 
"Wilayah ini merupakan daerah dengan konsentrasi petroglif yang paling dikenal di Tibet. Beberapa seni cadas menampilkan gambar yak yang menghuni dataran tinggi. Serta menyediakan bahan baru untuk studi budaya nomaden di kawasan tersebut," kata presenter Metro TV, Jason Sambouw dalam tayangan Newsline di Metro TV, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Beberapa ukiran muncul untuk menunjukkan sejarah domestikasi hewan di wilayah tersebut. Para peneliti juga terpesona dengan sepasang unggas di salah satu petroglif yang baru ditemukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Profesor Pusat Studi Tibet Li Yogxian, percaya unggas itu merupakan burung merak. Serta memiliki kemiripan dengan ukiran kayu yang ditemukan di wilayah Ngari dan dekorasi pada cermin perunggu yang digali dari situs peninggalan Tibet," tutur Jason.
 
Peninggalan situs yang baru ditemukan sekitar 95 persen ini langsung dipahat di bebatuan. Para arkeolog menyimpulkan, petroglif bersama dengan reruntuhan batu dan makam yang ditemukan merupakan budaya nomaden kuno yang aktif antara 3.000-1.300 tahun lalu. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif