Sebuah kapal angkatan laut Tiongkok terlihat di dekat perairan Australia. (AFP / Australian Defence Force)
Sebuah kapal angkatan laut Tiongkok terlihat di dekat perairan Australia. (AFP / Australian Defence Force)

Formasi Kapal Tiongkok dan Rusia Terlihat di Sekitar Alaska, Ada Apa Ya?

Medcom • 28 September 2022 18:08
Alaska: Sebuah kapal Penjaga Pantai Amerika Serikat yang sedang berpatroli rutin di Laut Bering melihat sebuah kapal jelajah milik Tiongkok.
 
Selang beberapa saat, kapal jelajah itu ternyata tidak sendirian ketika sedang berlayar sekitar 138 kilometer dari sebelah utara Pulau Kiska Alaska pada 19 September lalu.
 
Ternyata ada dua kapal Tiongkok lainnya dan empat dari angkatan laut Rusia, termasuk sebuah kapal perusak. Sejumlah kapal itu terlihat tengah berlayar dalam sebuah formasi tunggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemandangan tak biasa itu disaksikan Kimball, salah satu kapal patroli Penjaga Pantai AS. Kimball, yang berbasis di Honolulu, terus mengamati aktivitas kapal Tiongkok dan Rusia tersebut, sampai akhirnya mereka memecah formasi dan membubarkan diri.
 
Sebuah pesawat C-130 Hercules sempat memberikan dukungan udara untuk Kimball dari stasiun Coast Guard di Kodiak.
 
"Walau formasi (kapal Tiongkok dan Rusia) itu beroperasi sesuai aturan dan norma internasional, kami akan membalas langkah 'kehadiran' tersebut dengan 'kehadiran' lainnya untuk memastikan tidak ada gangguan terhadap kepentingan AS di kawasan sekitar Alaska," ujar Laksamana Muda Nathan Moore, komandan Distrik Penjaga Pantai Ketujuh Belas, seperti dikutip dari laman Yahoo News pada Rabu, 28 September 2022.
 
Berdasarkan panduan pedoman Operasi Perbatasan Sentinel milik Penjaga Pantai AS, disebutkan bahwa peristiwa semacam itu dapat dibalas dengan aksi serupa, jika kapal yang dimaksud beroperasi di dalam dan sekitar perairan AS.
 
Kimball akan terus memantau area tempat terlihatnya kapal Tiongkok dan Rusia.
 
Formasi kapal Tiongkok dan Rusia ini terjadi sebulan setelah Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan tentang kepentingan Negeri Tirai Bambu di Kutub Utara serta pembangunan militer Rusia di wilayah yang sama.
 
Stoltenberg mengatakan bahwa Rusia telah membentuk Komando Arktika baru dan telah membuka ratusan situs militer Arktik baru dan yang sudah pernah beroperasi di era Uni Soviet. Di sisi lain, Tiongkok elah mendeklarasikan dirinya sebagai negara 'dekat Arktika' dan berencana membangun kapal pemecah es terbesar di dunia.
 
"Beijing dan Moskow juga telah berjanji untuk meningkatkan kerja sama praktis di Kutub Utara. Ini merupakan bagian dari kemitraan strategis mendalam yang menantang nilai dan kepentingan kami," ujar Stoltenberg dalam kunjungannya ke utara Kanada.
 
Sementara itu, ini bukan pertama kalinya kapal angkatan laut Tiongkok berlayar di dekat perairan Alaska. Pada September 2021, kapal Penjaga Pantai AS di Laut Bering dan Samudra Pasifik Utara juga bertemu dengan kapal-kapal Tiongkok, sekitar 80 kilometer dari Kepulauan Aleutian. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif