Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (AFP)
Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (AFP)

Mahkamah Agung Brasil Akan Selidiki Bolsonaro atas Penyerbuan Kongres Brasil

Willy Haryono • 14 Januari 2023 20:27
Brasilia: Mahkamah Agung Brasil setuju untuk menyelidiki apakah mantan presiden Jair Bolsonaro telah menghasut massa sayap kanannya yang menyerbu Kongres dan dua gedung pemerintah lainnya pekan lalu.
 
Hakim Alexandre de Moraes mengabulkan permintaan kantor kejaksaan untuk memasukkan Bolsonaro dalam penyelidikan yang lebih luas, dengan mengutip video yang diunggah mantan presiden di Facebook dua hari setelah kerusuhan.
 
Dalam video itu, Bolsonaro mengeklaim bahwa Luiz Inácio Lula da Silva tidak dipilih untuk menjabat sebagai presiden, melainkan dipilih Mahkamah Agung dan otoritas pemilu Brasil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski Bolsonaro mengunggah video setelah penyerbuan gedung Kongres Brasil dan menghapusnya di pagi hari, jaksa berpendapat bahwa kontennya cukup untuk membenarkan penyelidikan atas perilakunya.
 
Mengutip dari laman Euronews, Sabtu, 14 Januari 2023, Bolsonaro menahan diri untuk tidak berkomentar mengenai pemilu sejak kekalahannya dari Lula di bulan Oktober lalu. Ia berulang kali menyuaraka keraguan tentang keabsahan dari sistem pemungutan suara elektronik menjelang pemilu Brasil.
 
Mengenai keraguan ini, Bolsonaro pernah mengajukan permintaan untuk membatalkan jutaan suara warga yang diberikan melalui mesin.
 
Tidak ada satu pun klaim Bolsonaro yang terbukti, dan hasil pemilu Brasil diakui sah oleh jajaran politisi lintas partai, termasuk beberapa sekutu Bolsonaro dan sejumlah pemerintah asing.
 
Baca juga:  Pendukungnya Serbu Kongres Brasil, Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit AS
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif