Ilustrasi gempa bumi. (Medcom.id)
Ilustrasi gempa bumi. (Medcom.id)

Gempa Bumi Magnitudo 6,8 Guncang Perbatasan Rusia-Mongolia

Internasional Gempa Bumi rusia Mongolia
Willy Haryono • 12 Januari 2021 14:18
Moskow: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang wilayah perbatasan Rusia-Mongolia pada Selasa, 12 Januari 2021. Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGs, episentrum gempa berada di bawah Danau Khovsgol, danau terbesar di Mongolia, yang berada dekat perbatasan Rusia.
 
Dikutip dari laman Radio Free Europe, USGS mencatat episentrum gempa berlokasi sekitar 200 kilometer dari kota Irkutsk, Rusia, dekat ujung selatan Danau Baikal.
 
Kedalaman gempa di perbatasan kedua negara tersebut mencapai 10 km. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai adanya korban tewas maupun luka atau kerusakan bangunan atas gempa tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


USGS mengatakan bahwa kemungkinan adanya korban jiwa atau kerusakan bangunan relatif minim. Ini dikarenakan, populasi di wilayah sekitar episentrum gempa relatif rendah, dan sebagian besar bangunan di sana juga didesain untuk tahan terhadap guncangan gempa.
 
September tahun lalu, gempa bumi berkuatan magnitudo 6,2 mengguncang semenanjung Kamchatka, Rusia, yang berjarak sekitar 6.200 km dari Moskow. 
 
Berdasarkan data VisitRussia, wilayah Kamchatka merupakan "lokasi dengan aktivitas seismik paling aktif di planet Bumi." Gempa bumi merupakan peristiwa umum di Kamchatka, dan aktivitas geotermal di sana telah memicu fenomena alam seperti gunung berapi, pemandian air panas, dan geyser.
 
Pada Maret 2020, gempa berkekuatan magnitudo 7,5 melanda Kepulauan Kuril, Rusia. Gempa memicu peringatan tsunami meski kemudian dibatalkan.
 
Baca:  Gempa 6,6 SR di Rusia Guncang Semenanjung Kamchatka
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif