Dubes Jose Tavares saat berada di Istana Agung Kremlin di Moskow, Rusia pada 18 Mei 2021. Dok. KBRI Moskow
Dubes Jose Tavares saat berada di Istana Agung Kremlin di Moskow, Rusia pada 18 Mei 2021. Dok. KBRI Moskow

Situasi Terpantau Aman, KBRI Moskow Imbau WNI di Rusia Tetap Waspada

Marcheilla Ariesta • 23 Februari 2022 18:05
Moskow: Situasi di Rusia dalam keadaan baik di tengah meningkatnya ketegangan dengan Ukraina. Ketegangan bertambah setelah Presiden Vladimir Putin mengakui kemerdekaan dua wilayah separatis Ukraina.
 
Duta Besar RI untuk Rusia, Jose Tavares mengatakan ada beberapa WNI di perbatasan dengan Ukraina. Mayoritas adalah pelajar.
 
"KBRI mengimbau agar (WNI) meningkatkan kewaspadaan, terus mengikuti pengumuman dari otoritas setempat dan menjalin komunikasi dengan KBRI Moskow," katanya kepada Medcom.id, Rabu, 23 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Putin Akui Dua Wilayah Separatis Ukraina sebagai Negara Merdeka.
 
Jose menuturkan, di perbatasan Kota Rostov-on-Don, ada 31 mahasiswa Indonesia, kota Taganrog ada dua pelajar, dan seorang WNI lainnya melakukan nikah campur di kota kecil lain di Rusia.
 
"Mereka aman-aman dan baik-baik saja," terang Jose.
 
Meski demikian, sambungnya, saat ini ada lebih dari 60 ribu pengungsi dari wilayah Donbass yang ditampung di Rostov-on-Don.
 
Laporan menyebutkan, situasi di Rusia termasuk di kota-kota perbatasan itu tidak terasa adanya ketegangan. Berbeda dengan yang dilaporkan media Barat.
 
Ketegangan antara Rusia dan Ukraina terus meningkat, terlebih setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan dua wilayah yang didukung Rusia di Ukraina timur.
 
Ia juga mengancam pemerintah Ukraina bahwa pertumpahan darah bisa berlanjut.
 
Akibat aksinya tersebut, Rusia diserang sanksi ekonomi dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Jepang.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif