Pasukan Rusia patroli di wilayah Donetsk, Ukraina. Foto: AFP
Pasukan Rusia patroli di wilayah Donetsk, Ukraina. Foto: AFP

Finlandia Mau Masuk NATO, Rusia Akan Balas Dendam

Internasional ukraina nato rusia Rusia-Ukraina Finlandia Perang Rusia-Ukraina
Medcom • 13 Mei 2022 15:46
Helsinki: Rusia mengeluarkan peringatan kepada Finlandia pada Kamis, 12 Mei 2022 lantaran negara tetangganya itu tengah mengupayakan masuk sebagai anggota NATO secepat mungkin. Di samping itu, Ukraina mengumumkan berhasil merusak kapal logistik Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam.
 
"Berkat tindakan angkatan laut kami, kapal pendukung Vsevolod Bobrov terbakar. Ini adalah salah satu (kapal) terbaru di armada Rusia," kata juru bicara administrasi regional militer Odesa, Serhiy Bratchuk, dilansir dari AFP, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Kapal Vsevolod Bobrov berada di dekat Pulau Ular, tak jauh dari perbatasan laut Ukraina dengan Rumania.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rincian informasi tidak dapat diverifikasi secara independen. Kementerian Pertahanan Rusia tak segera memberikan komentar. Diketahui kapal utama Moskow di Laut Hitam, Moskva, tenggelam bulan lalu.
 
Sementara itu, rencana Finlandia mengajukan keanggotaan NATO, yang kemungkinan disusul Swedia, akan otomatis memperluas aliansi barat tersebut. Hal ini justru sangat ingin dicegah oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Melalui langkah itu, kedua negara mencopot posisi netral yang sebelumnya dipertahankan selama Perang Dingin, dan akan menjadi salah satu perubahan terbesar dalam keamanan Eropa selama beberapa dekade terakhir.
 
Moskow menyebut pengumuman Finlandia itu sebagai pernyataan permusuhan dan mengancam akan melancarkan tindakan balasan, termasuk tindakan "teknis militer".
 
"Helsinki harus menyadari tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan seperti itu," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.
 
Para pejabat Rusia sebelumnya pernah membahas langkah-langkah yang mungkin akan diambil, seperti penempatan rudal bersenjata nuklir di Laut Baltik.
 
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan Finlandia akan "disambut dengan hangat" serta menjanjikan proses masuk yang "lancar dan cepat".
 
Gedung Putih mendukung pernyataan NATO.
 
"Kami akan mendukung permohonan keanggotaan NATO oleh Finlandia dan/atau Swedia jika mereka mengajukannya," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki.
 
Rusia kembali mengalami kegagalan di medan perang saat Ukraina memukul mundur pasukannya di kota terbesar kedua, Kharkiv. Ini kemajuan tercepat sejak menyingkirkan pasukan Kremlin dari Kiev dan wilayah timur laut, lebih dari sebulan yang lalu.
 
Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengeluarkan resolusi untuk mengadakan penyelidikan terhadap potensi kejahatan perang oleh pasukan Rusia di wilayah Kiev dan sekitarnya. Kremlin menganggapnya sama dengan penyelesaian politik.
 
Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet mengatakan ada banyak aksi yang berpotensi kejahatan perang, di antaranya pembunuhan ilegal dan eksekusi mati tanpa keadilan.
 
Moskow membantah sengaja menyerang warga sipil. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif