Kunjungan Pangeran Charles ke Kanada. Foto: Dok/Metro TV
Kunjungan Pangeran Charles ke Kanada. Foto: Dok/Metro TV

Kisah Kelam, Suku Asli Kanada Minta Pangeran Charles Minta Maaf

MetroTV • 19 Mei 2022 03:19
Kanada: Salah satu pimpinan suku asli Kanada menyebut, Pangeran Charles harus meminta maaf akibat trauma sejarah yang telah terjadi selama 500 tahun. Menurut sang kepala suku asli Kanada Joe, kehadiran Kerajaan Inggris menjadi hal penting agar peristiwa lampau tidak terulang kembali.
 
"Joe menyebut, Kanada pernah diperlakukan buruk pada masa lalu tepatnya di abad ke-19 hingga tahun 1970. Terdapat 150 ribu jiwa yang diminta menghadiri sekolah Kristen yang didanai pemerintah sebagai bagian asimilasi," tutur presenter Metro TV, Naila Husna dalam tayangan Newsline di Metro TV, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Para penduduk asli Kanada dipaksa menganut kepercayaan Kristen dan tidak diperkenankan menggunakan bahasa asli mereka. Beberapa warga suku asli juga mengalami kekerasan verbal hingga enam ribu lainya kehilangan nyawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pangeran Charles dan Camilla yang mengunjungi Kanada selama tiga hari juga menjadi bagian dari pertemuan dengan komunitas lokal Kanada. Keduanya juga mengunjungi Heart Garden di Government House, yang menjadi salah satu monumen peringatan untuk anak-anak suku asli Kanada yang terdampak dari sistem pendidikan," tutup Naila. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif