Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Foto: AFP
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Foto: AFP

Sekjen NATO Anggap Rusia Timbulkan ‘Ancaman Langsung' bagi Keamanan

Fajar Nugraha • 30 Juni 2022 05:05
Madrid: Pertemuan para pemimpin negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Madrid, Spanyol menetapkan menyebut Rusia sebagai ancaman bagi keamanan mereka. Saat ini menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, kelompok itu tengah merombak pertahanan aliansi dalam menanggapi perang di Ukraina.
 
“Kami akan menyatakan dengan jelas bahwa Rusia merupakan ancaman langsung terhadap keamanan kami,” kata Stoltenberg menjelang pembukaan cetak biru strategis baru NATO, seperti dikutip AFP, Kamis 30 Juni 2022.
 
Stoltenberg mengatakan pertemuan di Madrid akan menjadi "bersejarah dan transformatif" bagi aliansi berusia tujuh dasawarsa itu saat bergulat dengan dampak dari invasi Rusia ke Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami bertemu di tengah krisis keamanan paling serius yang kami hadapi sejak Perang Dunia Kedua," tegas Stoltenberg.
 
NATO akan meluncurkan perombakan terbesar dari kemampuan pertahanan dan pencegahannya sejak akhir Perang Dingin dengan memperkuat pasukan di sisi timurnya dan secara besar-besaran meningkatkan jumlah pasukan yang memiliki kesiapan tinggi.
 
Ini juga diatur untuk pertama kalinya untuk mengalihkan perhatiannya pada tantangan yang ditimbulkan oleh meningkatnya kekuatan Tiongkok dalam pembaruan untuk "konsep strategis" pemandunya.
 
“Tiongkok bukan musuh," kata Stoltenberg.
 
"Tapi tentu saja, kita perlu mempertimbangkan konsekuensi terhadap keamanan kita ketika kita melihat Tiongkok berinvestasi besar-besaran dalam kemampuan militer modern baru, rudal jarak jauh atau senjata nuklir dan juga mencoba mengendalikan infrastruktur penting, misalnya, 5G,” ungkapnya.
 
Sebagai tanda perubahan ini, para pemimpin mitra Korea Selatan dan Jepang akan menghadiri pertemuan puncak NATO untuk pertama kalinya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif