Perayaan HUT ke-77 RI di Venezuela dimeriahkan Marching Band terbaik negara itu./Dok. KBRI Caracas
Perayaan HUT ke-77 RI di Venezuela dimeriahkan Marching Band terbaik negara itu./Dok. KBRI Caracas

Marching Band Meriahkan Perayaan HUT ke-77 RI di Venezuela

Marcheilla Ariesta • 18 Agustus 2022 09:49
Caracas: KBRI Caracas mengadakan perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Caracas, Venezuela. Walaupun terdapat perbedaan waktu sekitar 11 jam dengan Indonesia, perayaan tersebut berlangsung meriah.
 
Selain diadakan upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan, terdapat juga berbagai penampilan yang ditampilkan oleh friends of Indonesia di Caracas, seperti paduan suara dan marching band.
 
"Walaupun Venezuela terletak jauh di belahan dunia lainnya, namun kami pastikan lagu Indonesia Raya tetap berkumandang," kata Duta Besar RI untuk Venezuela, Imam Edy Mulyono, dikutip dari rilis KBRI Caracas, Kamis, 18 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, perayaan 17 Agustus 2022 di Venezuela ini juga kami selenggarakan meriah bersama dengan para friends of Indonesia guna menghormati jasa para pahlawan kita," ungkap Dubes Imam.
 
Baca juga: Kembali Digelar, 55 Warga Venezuela Ikuti Kelas Bahasa Indonesia
 
Paduan suara yang ditampilkan pada kegiatan perayaan hari kemerdekaan tersebut terdiri dari murid-murid kelas Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Caracas setiap tahunnya. Oleh karena itu, lagu-lagu yang ditampilkan adalah lagu-lagu Indonesia seperti Garuda Pancasila dan Hari Merdeka.
 
Selain itu, penampilan marching band yang terdiri dari sekitar 40 penampil warga negara Venezuela tersebut merupakan bagian dari Fundación Banda Show Francisco de Miranda. Marching band tersebut merupakan salah satu yang terbaik di Venezuela.
 
Sebagai informasi, pada 28 Oktober 2022 mendatang, marching band tersebut menjadi tuan rumah Kompetisi Nasional Marching Band se-Venezuela yang akan diselenggarakan bersama dengan KBRI Caracas.
 
Indonesia dan Venezuela telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1993. Selama ini, berbagai promosi kebudayaan Indonesia terus dilakukan di Venezuela untuk meningkatkan citra Indonesia di negara akreditasi.
 
Kerja sama bilateral kedua negara juga selama ini berjalan dengan baik. Pada tahun lalu terdapat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Konsultasi Politik antara kedua negara, serta adanya kunjungan wakil menteri luar negeri Venezuela ke Indonesia pada Juli lalu.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif