Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: AFP

Putin Ingin Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Tiongkok

Fajar Nugraha • 30 Desember 2022 18:05
Moskow: Pemimpin Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping bahwa dia ingin meningkatkan kerja sama militer. Putin memuji upaya kedua negara untuk melawan pengaruh Barat.
 
Dipukul oleh sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya atas serangan Moskow terhadap Ukraina, Putin berharap untuk memperkuat hubungan politik dan militer dengan Tiongkok.
 
Serangan Moskow di Ukraina adalah masalah sensitif bagi Beijing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok telah berusaha untuk memposisikan dirinya sebagai pihak yang netral atas konflik tersebut. Tetapi Negeri Tirai Bambu telah menawarkan dukungan diplomatik kepada sekutu strategisnya, Rusia.
 
"Kami bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara angkatan bersenjata Rusia dan Tiongkok," kata Putin kepada Xi melalui tautan video di awal pembicaraan, menyebut pemimpin Tiongkok itu sebagai "teman baik".
 
Kepala Kremlin juga memuji upaya Moskow dan Beijing untuk melawan "tekanan dan provokasi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya".
 
“Dalam konteks meningkatnya ketegangan geopolitik, semakin pentingnya kemitraan strategis Rusia-Tiongkok sebagai faktor stabilisasi,” kata Putin, seperti dikutip AFP, Jumat 30 Desember 2022.
 
“Kami berbagi pandangan yang sama tentang penyebab, arah, dan logika transformasi lanskap geopolitik global yang sedang berlangsung,” tambahnya.
 
Saat Barat berusaha untuk mengurangi ketergantungan pada minyak dan gas Rusia, Putin telah melihat ke pasar energi di Asia.
 
"Rusia telah menjadi salah satu pemimpin dalam hal ekspor minyak ke Tiongkok,” ujar Putin.
 
Pemimpin Rusia mengatakan dia mengharapkan Xi di Moskow pada kunjungan kenegaraan musim semi mendatang.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif