Gunung berapi Klyuchevskaya Sopka di Kamchatka, Rusia. (AFP)
Gunung berapi Klyuchevskaya Sopka di Kamchatka, Rusia. (AFP)

Korban Tewas Insiden Pendakian Gunung Berapi Rusia Jadi 8 Orang

Willy Haryono • 05 September 2022 10:54
Kamchatka: Delapan orang tewas saat mendaki gunung berapi Klyuchevskaya Sopka di Kamchatka, Rusia pada Sabtu kemarin. Sebelumnya, otoritas lokal melaporkan adanya enam korban tewas dengan enam lainnya diyakini terpisah dari rombongan, termasuk di antaranya dua pemandu.
 
Baca:  6 Orang Tewas dalam Insiden Pendakian di Gunung Berapi Rusia
 
"Ada tambahan dua korban tewas," ucap deputi perdana menteri wilayah Kamchatka, Roman Vasilevsky, dikutip dari laman Asia One, Senin, 5 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Informasi didapat Vasilevsky dari seorang pemandu pendakian, yang berkomunikasi dari gunung berapi Klyuchevskaya Sopka dengan menggunakan telepon satelit.
 
Media Ria Novosti melaporkan bahwa sebuah kelompok beranggotakan 12 turis memulai pendakian mereka di Klyuchevskaya Sopka pada akhir Agustus bersama dua pemandu. Salah satu dari pemandu mengalami luka dalam insiden Sabtu lalu.
 
Pusat obat-obatan dan bencana Kamchatka telah mengirim sebuah helikopter ke lokasi kejadian, namun pilot kesulitan mendarat karena jarak pandangnya terhalang awan. Tiupan angin dingin juga mempersulit upaya penyelamatan.
 
"Mereka dijadwalkan mendarat di ketinggian 3.300 meter, tapi karena tiupan angin mencapai 30 meter per detik, upaya tersebut berakhir gagal," ujar tim penyelamat.
 
Temperatur udara di gunung berapi Klyuchevskaya Sopka dapat mencapai minus 14 derajat Celcius.
 
Pada Juli 2021, total 28 orang di dalam Antonov An-26 tewas saat pesawat itu jatuh di Semenanjung Kamchatka. Februari lalu, dua pilot tewas saat pesawat mereka jatuh di wilayah yang sama.
 
Semenanjung Kamchatka dikenal sebagai wilayah tempat berdirinya sejumlah gunung berapi, sumber air panas serta beragam flora dan fauna.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif