Polisi masih terus mencari motif penembakan di Monterey Park, California, AS./AFP
Polisi masih terus mencari motif penembakan di Monterey Park, California, AS./AFP

Polisi Masih Belum Dapat Tentukan Motif Penembakan di Monterey Park

Marcheilla Ariesta • 23 Januari 2023 21:28
California: Penyelidik bergegas mencari motif penembakan di aula dansa di Monterey Park dekat Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu malam lalu. Pelaku penembakan diketahui berusia 72 tahun, yang membunuh 10 orang kemudian menembak mati dirinya sendiri.
 
Sheriff Los Angeles County Robert Luna mengatakan alasan di balik pembantaian Tahun Baru Imlek yang dilakukan oleh Huu Can Tran pada Sabtu malam tetap sulit dipahami.
 
Para penyelidik bekerja hingga Senin, 23 Januari 2023 mencoba mengidentifikasi 10 orang yang dibunuh pada Sabtu malam di Star Ballroom Dance Studio di Monterey Park. Usai dia melepaskan tembakan, Tran melarikan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya dapat memberi tahu Anda bahwa tersangka masuk ke sana, mungkin dengan niat untuk membunuh lebih banyak orang, dan dua anggota komunitas yang pemberani memutuskan mereka akan bertindak dan melucuti senjatanya," kata Luna, dilansir dari Malay Mail.
 
Sekitar 12 jam kemudian, petugas polisi di kota Torrance, 20 mil barat daya Monterey Park, mendekati sebuah kargo putih yang dikendarai van Tran. Saat petugas mendekati van, mereka mendengar satu tembakan senjata dari dalam saat Tran bunuh diri.
 
Baca juga: Wah, Tersangka Penembakan Massal di Monterey Park Ternyata Lansia 72 Tahun
 
Luna tidak mengidentifikasi salah satu korban tetapi mengatakan lima pria dan lima wanita tampaknya berusia 50-an, 60-an. Sheriff mengatakan pistol yang digunakan Tran kemungkinan ilegal di California, di mana undang-undang negara bagian melarang majalah apa pun yang menampung lebih dari 10 peluru.
 
"Kami ingin tahu, kami ingin tahu bagaimana hal mengerikan ini bisa terjadi," kata Luna.
 
Penembakan terjadi di sekitar lokasi perayaan Tahun Baru Imlek selama dua hari di mana banyak jalan pusat kota ditutup untuk perayaan yang menarik ribuan orang dari seluruh California Selatan.
 
Ketika berita tentang penembakan itu menyebar, beberapa komunitas Monterey Park khawatir itu adalah kejahatan rasial yang menargetkan orang Asia.
 
Kota ini selama beberapa dekade telah menjadi tujuan para imigran dari Tiongkok. Sekitar 65 persen penduduknya adalah orang Asia, menurut data Sensus AS.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif