Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky./AFP
Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky./AFP

Kemenlu: Bantuan Indonesia ke Ukraina Sudah Dalam Tahap Pembahasan

Marcheilla Ariesta • 20 Januari 2023 00:02
Jakarta: Rencana pemberian bantuan kepada Ukraina berupa rehabilitasi fasilitas rumah sakit di Ukraina masih menunggu kestabilan di wilayah tersebut. Meski demikian, diskusi terkait bantuan tersebut masih terus berjalan dengan pejabat terkait.
 
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah mengungkapkan kesiapan Indonesia terkait bantuan nasional yang akan ke Ukraina masih didiskusikan. 
 
“Sekarang memang prosesnya sedang berjalan. Dalam artian, pada skala nasional sudah dilakukan berbagai pertemuan dan diskusi terkait realisasi  bantuan bantuan tersebut.” ujar Teuku Faizasyah dalam Konferensi Pers pada Jakarta, Kamis, 19 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Zelensky Ajak Indonesia Ikut Rekonstruksi Ukraina Pascaperang
 
Ia mengatakan bahwa bantuan ini menjadi masih menjadi bahan pertimbangan Kemenlu dan lembaga lainnya, mengingat tingginya potensi instabilitas ke wilayah Ukraina. 
 
“Prosesnya tidak mudah, kita ikuti tingginya potensi instabilitas ke wilayah ukraina. kita harus pastikan kapan harus direalisasikan,” katanya.
 
“Namun, tentunya kita harus bisa memastikan kapan komitmen itu bisa direalisasikan,” ucapnya.
 
Di sisi lain, Kemenlu tetap berkomunikasi dengan pejabat terkait, baik itu diskusi mengenai pemberian bantuan kemanusiaan maupun bantuan kesehatan ke Ukraina yang terus berjalan. (Jessica Gracia)
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif