Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (AFP)
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (AFP)

WHO: Lebih dari 3,3 Juta Orang Meninggal Akibat Covid-19 Sepanjang 2021

Internasional WHO covid-19 pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Medcom • 21 Desember 2021 15:59
Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menginformasikan bahwa lebih dari 3,3 juta orang di seluruh dunia telah meninggal akibat Covid-19 sepanjang 2021.
 
Angkanya melebihi total kematian akibat human immunodeficiency virus (HIV), malaria, dan tuberkulosis pada 2020. Tedros menambahkan, data tersebut belum termasuk kematian yang tidak dilaporkan (unreported death) dan jutaan kematian terkait gangguan layanan kesehatan.
 
Dilansir dari Tass, Selasa, 21 Desember 2021, petinggi WHO berusia 56 tahun itu menjelaskan, benua Afrika tengah menghadapi gelombang kelima pandemi Covid-19, dengan sebagian besar jumlah kasusnya melibatkan varian Omicron.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat sejumlah bukti konsisten bahwa Omicron menyebar lebih cepat secara signifikan dibanding varian Delta. Selain itu, terdapat kemungkinan lebih tinggi bahwa orang yang divaksinasi atau pulih dari Covid-19 dapat kembali terinfeksi varian tersebut.
 
Baca:  WHO: Omicron Dapat Menularkan Kembali Virus ke Penyintas Covid-19
 
Menurut Tedros, tingginya penularan Omicron dari orang ke orang akan memicu lonjakan jumlah infeksi dan kematian di berbagai negara selama musim liburan Natal dan Tahun Baru. Hal tersebut dinilai akan membebani sistem kesehatan di seluruh dunia. 
 
Mengantisipasi hal tersebut, Tedros menyerukan negara-negara dunia untuk membuat keputusan penting demi melindungi masyarakat dari penyakit. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menghindari terjadinya kerumunan, dengan cara menunda atau membatalkan beragam perayaan di masa liburan.
 
Data WHO per 17 Desember mencatat bahwa total kasus Covid-19 di kancah global menyentuh angka 271.963.258 dengan 5.331.019 kematian. (Nadia Ayu Soraya)

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif