Seorang imigran terbangun di kamp pengungsian di Chios, Yunani. (Foto: Louisa Gouliamaki/AFP/Getty)
Seorang imigran terbangun di kamp pengungsian di Chios, Yunani. (Foto: Louisa Gouliamaki/AFP/Getty)

92 Imigran Diselamatkan di Perairan Yunani

Internasional imigran gelap yunani
Willy Haryono • 26 Agustus 2020 09:30
Athena: Sedikitnya 92 imigran diselamatkan dari sebuah kapal karam di lepas pantai sebuah pulau kecil di Yunani. Menurut laporan media Yunani, kapal tersebut tenggelam di lepas pantai Halki, sekitar enam kilometer dari Rhodes dekat perbatasan Turki.
 
Otoritas pelabuhan Rhodes mengatakan, tim penyelam dan sebuah helikopter telah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan upaya penyelamatan.
 
Lima kapal penyelamat, dua helikopter militer, sebuah kapal militer, dan lima milik penjaga pantai ikut serta dalam operasi penyelamatan 92 imigran. Kondisi cuaca relatif bersahabat sehingga operasi berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Halki adalah pulau tak berpenghuni terkecil di gugus kepulauan Dodecanese milik Yunani.
 
Selama ini, pulau-pulau di Yunani menjadi salah satu destinasi favorit para imigran yang ingin memasuki Eropa. Biasanya, banyak dari mereka berangkat menuju Eropa dari Turki.
 
September tahun lalu, Pemerintah Yunani mengumumkan langkah-langkah darurat untuk menangani ‘gelombang besar’ pencari suaka yang tiba dari Turki. Pengumuman disampaikan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas terulangnya krisis imigran 2015 di pesisir Yunani.
 
Satu bulan sebelumnya, hampir 650 orang, termasuk 240 anak-anak yang sebagian besar berasal dari Afghanistan, mendarat dalam hitungan jam di Lesbos, pulau Aegean utara di garis depan krisis pengungsi empat tahun lalu.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif