Pertemuan Menhan dan Menlu AS-Australia bahas klaim Tiongkok di Laut China Selatan. Foto: AFP
Pertemuan Menhan dan Menlu AS-Australia bahas klaim Tiongkok di Laut China Selatan. Foto: AFP

AS-Australia Ajak Sekutu Lawan Klaim Tiongkok di LCS

Internasional laut china selatan
Marcheilla Ariesta • 29 Juli 2020 17:53
Washington: Amerika Serikat (AS) dan Australia berencana memperluas kerja sama militer untuk menghadapi Tiongkok. Kedua negara tersebut, berusaha mencari dukungan sekutu untuk melawan Beijing.
 
Rencana ini dibahas dalam pertemuan 2+2 (two plus two) antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan AS-Australia di Washington. Kegiatan ini tetap berjalan meskipun dunia tengah dilanda pandemi global.
 
"Amerika Serikat tahu ancaman yang Anda dan seluruh dunia bebas hadapi. Dan Amerika Serikat mendukung Anda dalam aliansi kami yang tidak bisa dipatahkan," ujar Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam konferensi pers bersama, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 29 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Pertahanan AS, Mark Esper memuji partisipasi lima kapal perang Australia pekan lalu dalam latihan dengan kapal induk AS dan kapal perusak Jepang di Laut Filipina.
 
"Latihan ini tidak hanya meningkatkan interoperabilitas, tapi juga mengirim sinyal yang jelas ke Beijing bahwa kami akan terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan," tutur Esper.
 
"Dan lagi, kami akan mempertahankan hak-hak sekutu dan mitra kami untuk melakukan hal yang sama," imbuhnya.
 
Sementara itu, Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds mengatakan kedua negara akan membangun hubungan di banyak bidang pertahanan, termasuk di bidang hipersonik, elektronik, dan berbasis ruang angkasa.
 
Kerja sama ini, kata Reynolds akan memperkuat kemampuan kedua negara untuk berkontribusi pada keamanan kawasan. Dalam pernyataan bersama, para menteri mengatakan akan membahas perluasan operasi di kota Darwin, Australia utara.
 
Kota ini merupakan tempat marinir AS berotasi sejak 2012 di bawah inisiatif mantan presiden Barack Obama. Washington akan membangun cadangan bahan bakar militer di Darwin dan sekutu akan mempertimbangkan latihan di sana dengan negara-negara sekutu.
 
Meskipun Australia sangat bergantung pada perdagangan dengan Tiongkok, pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Scott Morrison sebagian besar mendukung AS.
 
Australia mendukung seruan AS untuk penyelidikan internasional mengenai asal-usul virus korona (covid-19). Bahkan, Canberra bergabung dengan Washington dalam menolak klaim Beijing di Laut China Selatan.
 
"Aliansi kita tidak terpatahkan," kata Pompeo. Dia memberi hormat kepada Morrison karena menentang tindakan Tiongkok yang bertujuan memaksanya untuk tunduk pada keinginan Beijing.
 
Namun, Menlu Australia Marise Payne mengatakan bahwa negaranya tidak menyetujui segala kebijakan AS. Dia menekankan bahwa kerja sama multilateral, dan menentang tindakan Presiden AS Donald Trump yang keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 

(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif