Warga Rusia bentrok dengan pihak keamanan saat protes kebijakan mobilisasi parsial. Foto: AFP
Warga Rusia bentrok dengan pihak keamanan saat protes kebijakan mobilisasi parsial. Foto: AFP

Populer Internasional: Warga Rusia Protes Putin hingga Syarat Vaksin Masuk ke Kanada Dicabut

Fajar Nugraha • 22 September 2022 14:03
Moskow: Para pengunjuk rasa di seluruh Rusia turun ke jalan untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka terhadap kebijakan ‘mobilisasi parsial’ yang diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin pada Rabu yang akan menekan 300.000 orang untuk wajib militer. Setidaknya 1.252 orang dari 38 kota ditahan, menurut OVD-Info, pengawas hak asasi manusia yang memantau aktivitas polisi.
 
Protes di Rusia menjadi berita terpopuler Internasional Medcom hingga unjuk rasa menentang Pemerintah Iran tewaskan 8 orang.
 
Kemudian diikuti dengan kabar mengenai syarat vaksin covid-19 untuk masuk ke Kanada segera dicabut. Berikut selengkapnya terkait berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Rusia Memanas Gegara Warga Tolak Diturunkan ke Medan Perang, Putin Digoyang

Para pengunjuk rasa di seluruh Rusia turun ke jalan untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka terhadap kebijakan ‘mobilisasi parsial’ yang diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin pada Rabu yang akan menekan 300.000 orang untuk wajib militer. Setidaknya 1.252 orang dari 38 kota ditahan, menurut OVD-Info, pengawas hak asasi manusia yang memantau aktivitas polisi.
 
Di Moskow, ratusan pengunjuk rasa berkumpul di Old Arbat, jalan pejalan kaki terkenal di pusat kota Moskow. Mereka berteriak, "Kirim Putin ke parit!" dan “Biarkan anak-anak kita hidup!” Rekaman menunjukkan polisi anti huru hara menyeret orang pergi.
 
Di Tomsk, seorang wanita yang memegang papan bertuliskan "Peluk aku jika kamu juga takut" tersenyum tenang saat dia diseret dari sebuah protes kecil oleh tiga petugas polisi. Di Novosibirsk, seorang pria dengan kuncir kuda dibawa pergi setelah dia mengatakan kepada petugas polisi, "Saya tidak ingin mati untuk Putin dan untuk Anda."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa yang menjadi keberatan dari para warga Rusia itu? Simak tautan ini.

2. Makin Parah, Protes Menentang Pemerintah Iran Tewaskan 8 Orang

Seorang asisten polisi dan beberapa demonstran telah tewas selama protes anti-pemerintah di Iran, menurut pejabat dan media pemerintah. Sementara video setempat menunjukkan orang-orang membalik mobil polisi dan menyerang petugas.
 
Bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi anti huru hara meluas ke lebih dari selusin kota kemarin saat kerusuhan memasuki hari keenam.
 
“Empat petugas polisi terluka dan setidaknya delapan orang diyakini telah tewas sejauh ini,” sebut laporan media setempat, seperti dikutip Irish Independent, Kamis 22 September 2022.
 
Video di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa menyerang kendaraan polisi dan petugas terisolasi di sekitarnya, yang mencoba melawan mereka.
 
Isu apa yang memicu aksi protes itu? Selanjutnya di sini.

3. Hore! Syarat Vaksin Covid-19 untuk Masuk ke Kanada Segera Dicabut

Pemerintah federal Kanada kemungkinan akan mencabut persyaratan vaksin Covid-19 untuk orang-orang yang hendak memasuki Kanada. Menurut sumber pemerintah Kanada, aturan ini kemungkinan dicabut pada akhir September tahun ini.
 
"Perdana Menteri Justin Trudeau kemungkinan akan membatalkan persyaratan vaksinasi pada 30 September 2022," ujar seorang sumber anonim di pemerintahan Kanada, seperti dikutip dari laman The Straits Times pada Rabu, 21 September 2022.
 
Tidak hanya itu, Kanada juga berencana menghentikan skema tes acak Covid-19 di hari yang sama. Penggunaan aplikasi ArriveCAN, di mana pendatang diwajibkan mengunggah bukti vaksinasi, nantinya akan menjadi opsional alias tidak wajib.
 
Bagaimana pengaturan syarat masuk ke Kanada saat ini? Simak di sini.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif