Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: AFP

Putin Tegaskan Mustahil ‘Demam Sanksi’ Bisa Isolasi Rusia

Fajar Nugraha • 07 September 2022 18:07
Moskow: Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa ‘mustahil’ untuk mengisolasi Rusia, karena negara itu menghadapi sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya atas operasi militernya di Ukraina.
 
"Tidak peduli seberapa besar seseorang ingin mengisolasi Rusia, tidak mungkin melakukan ini," kata Putin kepada Forum Ekonomi Timur di kota pelabuhan Vladivostok, Rusia, seperti dikutip AFP, Rabu 7 September 2022.
 
"Epidemi virus korona telah digantikan oleh tantangan lain, yang juga bersifat global mengancam seluruh dunia," imbuh Putin dalam sambutan yang disiarkan televisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Maksud saya demam sanksi di Barat, upaya agresifnya yang tidak terselubung untuk memaksakan pola perilaku di negara lain, mencabut kedaulatan mereka dan menundukkan mereka pada kehendaknya sendiri,” tambah Putin.
 
Amerika Serikat dan Uni Eropa rajin menjatuhkan Moskow dengan rentetan sanksi ekonomi dan pribadi setelah Putin mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari.
 
Menghadapi isolasi yang berkembang dan hubungan yang memburuk dengan Barat, Moskow berusaha untuk mengubah negara itu ke Timur Tengah, Asia dan Afrika.
 
Berbicara di forum tersebut, Putin memuji peran kawasan Asia-Pasifik yang berkembang dalam urusan global.
 
"Peran negara-negara di kawasan Asia-Pasifik telah meningkat secara signifikan," kata Putin.
 
Dia menambahkan bahwa kemitraan di kawasan itu "akan menciptakan peluang baru yang sangat besar bagi rakyat kita".

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif