Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (AFP)
Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (AFP)

WHO Perkirakan Jumlah Kasus Cacar Monyet akan Bertambah

Willy Haryono • 22 Mei 2022 08:49
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa jumlah kasus cacar monyet akan bertambah seiring perluasan skema pengawasan di sejumlah negara. Hingga Sabtu kemarin, tercatat ada 92 infeksi dan 28 kasus dugaan cacar monyet dari 12 negara yang tidak berstatus endemi penyakit tersebut.
 
WHO berencana mengeluarkan panduan dan rekomendasi dalam beberapa hari ke depan mengenai cara memitigasi penyebaran cacar monyet.
 
"Informasi saat ini mengindikasikan bahwa transmisi dari manusia ke manusia terjadi di antara orang yang memiliki kontak dekat dengan individu yang menunjukkan gejala," ujar WHO, dikutip dari The New Arab, Minggu, 22 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sabtu kemarin, Israel mengonfirmasi kasus perdana cacar monyet. Otoritas kesehatan Israel menegaskan bahwa kasus pertama ini akan ditangani sehingga tidak menyebar di tengah masyarakat.
 
Cacar monyet adalah penyakit menular yang biasanya memiliki gejala ringan. Penyakit ini berstatus endemi di bagian barat dan tengah Afrika.
 
Penyebaran cacar monyet terjadi melalui kontak dekat, sehingga mudah ditangani dengan langkah-langkah seperti isolasi mandiri dan meningkatkan kebersihan diri.
 
Sebelumnya, WHO menggelar pertemuan darurat usai jumlah kasus cacar monyet di Eropa melampaui 100. Disebut Jerman sebagai wabah terbesar cacar monyet di Eropa, kasus-kasusnya terkonfirmasi di setidaknya sembilan negara -- Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris.
 
Di luar Eropa, kasus cacar monyet terkonfirmasi di Amerika Serikat, Kanada dan Australia.
 
Baca:  Penularan Cacar Monyet

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif