?Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov tetap hadiri pertemuan G20. Foto: Tass
?Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov tetap hadiri pertemuan G20. Foto: Tass

Menteri Keuangan Rusia Tetap Hadir dalam Pertemuan G20

Internasional Amerika Serikat rusia Indonesia Ketua G20 Presidensi G20 Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 20 April 2022 13:30
Moskow: Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov akan memimpin delegasi Rusia pada pertemuan Menteri Keuangan G20. Hal ini dipastikan oleh keterangan pers kementerian keuangan Rusia pada Selasa 19 April 2022.
 
"Menteri Keuangan Anton Siluanov akan memimpin delegasi Rusia pada pertemuan G20," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Tass, Rabu 20 April 2022.
 
Pertemuan keuangan G20 di Washington dijadwalkan pada 20 April. Indonesia adalah penyelenggara KTT tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tingkatkan Tekanan ke Rusia, Yellen Berencana Absen di Beberapa Sesi G20.
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen akan memboikot beberapa sesi pertemuan G20 di Washington jika dihadiri oleh Rusia. Namun pada kenyataannya, Yellen masih mengikuti rangkaian pertemuan itu.
 
Adapun Menteri Keuangan Rusia Siluanov diperkirakan akan menghadiri beberapa pertemuan mendatang secara virtual. Yellen akan menghadiri sesi pembukaan yang dikhususkan untuk ekonomi global. Rusia diperkirakan akan hadir juga.
 
Partisipasi Yellen dalam pertemuan 20 April di Washington, akan menjadi pertemuan menteri G20 pertama sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina.
 
Ini menandai berbaliknya sikap Yellen sebelumnya. Yellen mengatakan awal bulan ini, "Saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana."
 
Sejak Indonesia mengatakan bahwa Rusia diharapkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan online, semua mata tertuju pada bagaimana Amerika Serikat akan merespons.
 
Berbicara kepada wartawan, seorang pejabat tinggi Departemen Keuangan menekankan pentingnya Yellen menghadiri pertemuan, bersama dengan mitra dan sekutu, dalam upaya untuk mendukung Ukraina.
 
Pihak Kemenkeu AS mengatakan, Yellen juga akan bertemu secara bilateral dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal dan Menteri Keuangan Jepang Suzuki Shunichi.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif