Facebook dan Twitter cabut unggahan Presiden AS Donald Trump. Foto: AFP
Facebook dan Twitter cabut unggahan Presiden AS Donald Trump. Foto: AFP

Facebook, Twitter Hapus Unggahan Covid-19 Menyesatkan dari Trump

Internasional Virus Korona facebook twitter donald trump
Fajar Nugraha • 07 Oktober 2020 16:07
New York: Facebook dan Twitter mengambil tindakan terhadap unggahan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Selasa 6 Oktober 2020. Unggahan itu dianggap melanggar aturan terhadap informasi yang salah terkait virus korona dengan menunjukkan bahwa covid-19 sama seperti flu.
 
Facebook menghapus posting itu tetapi tidak sebelum dibagikan sekitar 26.000 kali, data dari alat metrik perusahaan CrowdTangle menunjukkan.
 
"Kami menghapus informasi yang salah tentang berbahayannya covid-19," kata pihak Facebook, yang dikutip dari Channel News Asia, Rabu 7 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perusahaan media sosial terbesar di dunia itu, jarang mengambil tindakan terhadap postingan dari Presiden AS itu. Hal ini mengundang kecaman dari tim kampanye Trump.
 
"Silicon Valley dan media arus utama secara konsisten menggunakan platform mereka untuk menakut-nakuti dan menyensor Presiden Trump untuk menjalankan agenda mereka sendiri. Bahkan ketika sekarang selama momen kritis dalam perang melawan virus korona," kata juru bicara kampanye Trump, Courtney Parella.
 
Twitter, yang telah menggunakanlabel untuk menandai tweet dengan informasi yang salah -,termasuk dari presiden,- mengatakan bahwa pihaknya saat ini mencoba untuk merespons dengan lebih cepat dan lebih terbuka.
 
Facebook menghapus unggahan Trump karena misinformasi virus corona untuk pertama kalinya pada Agustus. Unggahan itu memuat video di mana presiden secara keliru mengklaim bahwa anak-anak "hampir kebal" terhadap covid-19.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif