Sejumlah personel Garda Nasional AS tidur di lantai sebuah parkiran mobil di Washington DC. (Twitter/SenatorTimScott)
Sejumlah personel Garda Nasional AS tidur di lantai sebuah parkiran mobil di Washington DC. (Twitter/SenatorTimScott)

Foto Garda Nasional Tidur di Parkiran Viral, Biden Minta Maaf

Internasional amerika serikat joe biden Pelantikan Joe Biden
Willy Haryono • 23 Januari 2021 11:23
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden meminta maaf saat sejumlah personel Garda Nasional yang disiagakan di area Gedung Capitol terlihat tidur di area parkiran mobil dalam sejumlah foto di internet. Lebih dari 25 ribu personel Garda Nasional disiagakan di Washington DC dalam mengamankan pelantikan Biden pada 20 Januari lalu.
 
Serangkaian foto yang bereda di media sosial AS pada Kamis kemarin memperlihatkan sejumlah personel Garda Nasional tidur sebuah area parkir di area Gedung Capitol.
 
Kemunculan foto tersebut memicu kemarahan sejumlah politisi, dan beberapa gubernur negara bagian juga memutuskan menarik personel Garda Nasional mereka dari Washington DC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan beberapa media lokal AS, Biden telah menghubungi Kepala Biro Garda Nasional pada Jumat kemarin untuk meminta maaf. Ia juga menanyakan apa yang bisa dilakukan dirinya agar peristiwa serupa tak terulang di masa mendatang.
 
Baca:  Viral, Ini Momen Pasukan Garda Nasional AS Tidur di Lantai Capitol
 
Ibu Negara AS Jill Biden mengunjungi beberapa personel Garda Nasional di Washington DC. Ia mengucapkan terima kasih secara personal, dengan membawa biskuit dari Gedung Putih sebagai hadiah.
 
"Saya hanya ingin datang ke sini untuk berterima kasih kepada Anda semua yang telah menjaga saya dan keluarga agar tetap aman," tutur Jill, dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 23 Januari 2021.
 
Sejumah pihak khawatir sejumlah personel Garda Nasional dapat keracunan karena harus menghirup asap knalpot kendaraan saat tertidur di parkiran. Para personel juga dikhawatirkan terinfeksi virus korona (covid-19) karena berkerumun dalam ruang tertutup.
 
Jumat kemarin, seorang pejabat AS mengatakan bahwa sekitar 100 hingga 200 personel garda nasional telah dinyatakan positif covid-19. Namun pernyataan ini belum secara resmi dikonfirmasi otoritas kesehatan AS.
 
Beberapa anggota Kongres geram melihat foto personel Garda Nasional tidur di lantai parkiran. Anggota kongres Alexandria Ocasio-Cortez bahkan menawarkan agar kantornya dijadikan tempat beristirahat bagi para personel Garda Nasional.
 
Gubernur Florida Ron DeSantis menjadi salah satu gubernur yang menarik mundur personel Garda Nasional dari Washington DC. "Hal yang tepat untuk dilakukan adalah memulangkan mereka semua," sebut DeSantis.
 
Chuck Schumer, pemimpin mayoritas Senat dari Partai Demokrat, mengatakan bahwa peristiwa ini sangat disayangkan dan ia bertekad "tidak akan membiarkannya terjadi lagi."
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif