Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan keterangan mengenai kemenangannya. Foto: AFP
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan keterangan mengenai kemenangannya. Foto: AFP

Media AS Pastikan Biden Menang di Arizona, Memimpin Jauh dari Trump

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Kamala Harris
Fajar Nugraha • 13 November 2020 13:28
Washington: Joe Biden kembali menambahkan electoral vote dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS). Hal ini dipastikan setelah Biden memenangkan negara bagian Arizona.
 
Hasil itu diumumkan oleh media-media besar di Negeri Paman Sam pada Kamis 12 November 2020 malam waktu AS atau Jumat 13 November waktu Indonesia. Kemenangan di Arizona memperkuat kepemimpinannya di Electoral College dan membalikkan negara bagian untuk Partai Demokrat untuk pertama kalinya sejak 1996.
 
“NBC, CBS, ABC dan CNN menyatakan Biden sebagai pemenang dalam perlombaan ketat dengan keunggulan lebih dari 11.000 surat suara. Kemenangan ini memberi Biden 11 electoral vote negara bagian,” lapor AFP, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat 13 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Fox News dan Associated Press menyebut perlombaan di negara bagian barat daya tersebut sudah menyatakan kemenangan Biden tepat pada malam usai pemungutan suara 3 November. Hal itu memicu kemarahan Presiden Donald Trump, tetapi media lain menunda pengumuman pemenang sampai setelah sembilan hari penghitungan suara.
 
“Arizona memberi Biden keunggulan 290-217 atas Trump di electoral college yang pada akhirnya memutuskan kepresidenan dimenangkan oleh Biden. Minimal 270 electoral college diperlukan untuk memenangkan Gedung Putih,” sebut laporan itu.
 
Meskipun Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilihan pada hari Sabtu, Trump menolak untuk menyerah dan terus membuat klaim penipuan pemilu yang tidak berdasar.
 
Hasil penghitungan suara di North Carolina dan Georgia saat ini masih belum diumumkan. Hal itu disebabkan karena Georgia mengulang penghitungan suara dengan cara manual.
 
Bill Clinton adalah politikus Partai Demokrat terakhir yang memenangkan Arizona dalam perebutan Gedung Putih.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif