Wapres AS Kamala Harris melantik tiga orang anggota senat baru di Gedung Capitol. Foto: CNN
Wapres AS Kamala Harris melantik tiga orang anggota senat baru di Gedung Capitol. Foto: CNN

Tugas Pertama Harris sebagai Wapres AS, Lantik Anggota Senat

Internasional amerika serikat joe biden Kamala Harris Pelantikan Joe Biden
M Sholahadhin Azhar • 21 Januari 2021 05:09
Washington: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris berada di lantai Senat untuk pertama kalinya sejak menjadi wakil presiden. Usai pelantikan, dia langsung bekerja.
 
Wapres perempuan pertama AS ini mengambil sumpah dalam tiga senator. Mereka antara lain Jon Ossoff dari Georgia dan Raphael Warnock, serta pengganti Harris di California, Alex Padilla.
 
Seperti dilansir CNN, Kamis 21 Januari 2021, sumpah ketiga senator baru akan menjadi terobosan. Warnock dan Ossoff akan menjadi senator kulit hitam pertama dan Yahudi pertama mewakili Georgia. Sementara Padilla akan menjadi senator Latin pertama California.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah Warnock, Ossoff dan Padilla dilantik, rincian partai Senat akan menjadi 50-50 antara Partai Demokrat dan Partai Republik. Senator Demokrat Chuck Schumer akan menjadi warga New York pertama dan anggota parlemen Yahudi pertama yang menjadi pemimpin mayoritas Senat.
 
Harris akan memegang kekuasaan sebagai pemungutan suara penting Senat, membantu pemerintahan Biden mengkonfirmasi penunjukannya dan memberi Demokrat palu komite yang bertanggung jawab untuk mengadakan dengar pendapat pengawasan dan menyusun undang-undang yang bisa menjangkau jauh.
 
Sepanjang sejarah 'Negeri Paman Sam', belum pernah ada sosok wanita yang menjabat wapres. Harris resmi mendampingi Presiden AS Joe Biden hingga empat tahun ke depan.
 
Wanita 56 tahun itu dilantik sebagai wapres oleh Hakim Mahkamah Agung Sonia Sotomayor di Gedung Capitol, Washington. Sotomayor sendiri merupakan perempuan non-kulit putih pertama yang menjabat profesi hakim di Mahkamah Agung AS.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif