Sebuah kendaraan terseret tanah longsor hingga ke bibir pantai di Ischia, Italia, 25 November 2022. (AFP/ANSA)
Sebuah kendaraan terseret tanah longsor hingga ke bibir pantai di Ischia, Italia, 25 November 2022. (AFP/ANSA)

Italia Umumkan Status Darurat Usai Longsor Tewaskan 7 Orang

Willy Haryono • 28 November 2022 06:29
Ischia: Italia mengumumkan status darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu, 27 November 2022, setelah bencana tanah longsor menewaskan setidaknya tujuh orang dan menyebabkan beberapa lainnya hilang.
 
Gelombang lumpur dan puing menghantam kota kecil Casamicciola Terme di Ischia pada Sabtu pagi, menelan setidaknya satu rumah dan menyapu mobil ke arah laut, kata media lokal dan layanan darurat.
 
"Jumlah korban tanah longsor di Casamicciola telah meningkat menjadi tujuh orang, sementara lima lainnya hilang," kata pejabat kota Napoli, Claudio Palomba, seperti dikutip dari Malay Mail, Senin, 28 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahap pertama dana bantuan sebesar EUR2 juta telah dikeluarkan pada akhir rapat kabinet yang menyatakan keadaan darurat, kata Menteri Perlindungan Sipil Italia Nello Musumeci. Media Italia sebelumnya melaporkan bahwa empat jenazah telah ditemukan pada Minggu sore.
 
Lebih dari 200 penyelamat masih mencari korban hilang. Sementara ratusan sukarelawan sibuk membersihkan jalan-jalan kota Casamicciola Terme.
 
Upaya penyelamatan terhambat hujan dan angin kencang, yang juga menunda kedatangan kapal feri pembawa bala bantuan dari daratan.
 
"Ini adalah situasi yang merugikan kami," kata seorang warga bernama Salvatore Lorini, 45, kepada AFP.
 
"Material longsor turun dari gunung. Toko, mobil, hotel hancur, dan itu sudah terjadi sembilan tahun lalu. Sekarang terjadi lagi, dan saya sedang membersihkan toko ibu mertua saya," sambungnya.
 
Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Piantedosi sebelumnya memperingatkan bahwa ada sejumlah orang yang terjebak di balik lumpur. Ia menyebut bencana kali ini sebagai situasi yang "sangat serius."
 
Baca:  Tim Penyelamat Cari Belasan Korban Hilang Longsor Italia
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif