Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev wafat di usia 91 tahun. Foto: AFP
Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev wafat di usia 91 tahun. Foto: AFP

Pujian Pemimpin Dunia untuk Mikhail Gorbachev

Fajar Nugraha • 31 Agustus 2022 19:04
Moskow: Mikhail Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet yang memainkan peran utama dalam mengakhiri Perang Dingin, meninggal di Moskow pada Selasa dalam usia 91 tahun. Para pemimpin dunia bereaksi mendengar kabar itu.
 
Para pemimpin dunia dengan cepat memberikan penghormatan kepada orang yang mengawasi runtuhnya Uni Soviet, titik balik penting dalam sejarah dunia.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Pemimpin Rusia Vladimir Putin menyatakan "simpati mendalam" atas kematian Gorbachev, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada kantor berita Rusia.
 
Peskov menambahkan bahwa Putin -,mantan agen KGB yang memiliki hubungan ambigu dengan Gorbachev,- akan mengirim telegram belasungkawa kepada keluarga dan teman mendiang pemimpin pada Rabu pagi.
 
Baca: Putin Sebut Mikhail Gorbachev Berikan Dampak Besar Pada Sejarah Dunia.

Sekjen PBB Antonio Guterres

Guterres dalam sebuah pernyataan memuji Gorbachev sebagai "negarawan satu-satunya yang mengubah arah sejarah" dan "melakukan lebih dari individu lain untuk membawa akhir damai Perang Dingin".

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen memuji Gorbachev sebagai "pemimpin tepercaya dan dihormati" yang "membuka jalan bagi Eropa yang bebas".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perannya penting dalam meruntuhkan Tirai Besi, yang melambangkan pembagian dunia menjadi blok komunis dan kapitalis, dan mengakhiri Perang Dingin meninggalkan warisan yang tidak akan kami lupakan,” tulis Von der Leyen di Twitter.


Presiden Prancis Emmanuel Macron

Macron menggambarkan Gorbachev sebagai "pria perdamaian" di Twitter Rabu pagi, dengan mengatakan dia "membuka jalan kebebasan bagi Rusia. Komitmennya terhadap perdamaian di Eropa berubah sejarah kita bersama".


PM Inggris Boris Johnson

Pemimpin Inggris itu mengatakan bahwa dia "selalu mengagumi keberanian dan integritas" yang ditunjukkan Gorbachev untuk membawa Perang Dingin ke penyelesaian yang damai.
 
“Pada saat agresi Putin di Ukraina, komitmennya yang tak kenal lelah untuk membuka masyarakat Soviet tetap menjadi contoh bagi kita semua,” katanya dalam sebuah posting Twitter, merujuk pada serangan Moskow di bekas tetangga Sovietnya.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif