NEWSTICKER
Petugas memberikan disinfektan di wilayah Spanyol yang terkena efek virus korona. Foto: AFP
Petugas memberikan disinfektan di wilayah Spanyol yang terkena efek virus korona. Foto: AFP

Kasus Positif Korona di Spanyol Capai Lebih dari 13.000

Internasional spanyol virus corona Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 18 Maret 2020 22:27
Madrid: Jumlah kasus virus korona covid-19 di Spanyol naik menjadi 13.716 orang. Begitu pula dengan jumlah kematian yang bertambah menjadi 558 jiwa.
 
"Jumlah kasus ini naik drastis dari penghitungan sebelumnya," kata Kepala Pusat Darurat Kesehatan Spanyol, Fernando Simon, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan, ekonomi Spanyol akan bergejolak sebagai konsekuensi dari krisis virus ini. Kepada Parlemen, dia mendesak semua orang memerangi virus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menghindari penyebaran virus di parlemen, hanya ada 28 anggota parlemen dan lima menteri yang mendengarkan Sanchez.
 
"Kami tidak pernah hidup melalui hal seperti ini. Dan masyarakat kita, yang telah terbiasa dengan perubahan, sekarang harus berperang untuk mempertahankan semua yang kita anggap remeh ini," tuturnya.
 
Sanchez menegaskan Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan jelas akan turun. "Namun jika kita berhasil mempertahankan tingkat pekerjaan dan struktur produksi selama krisis berlangsung tanpa kerusakan besar, makan pada akhir krisis akan ada pemulihan cepat, termasuk efek rebound yang akan mempercepat aktivitas," terangnya.
 
Spanyol awalnya hanya mengambil beberapa langkah untuk memerangi krisis. Namun, begitu jumlah kasus melonjak drastis, mereka menutup toko-toko dan mengekang kehidupan publik.
 
Negeri Matador mengumumkan paket 200 miliar euro (atau sekitar Rp3.385 triliun) pada Selasa lalu untuk membantu perusahaan dan melindungi pekerja serta kelompok rentan lainnya yang terkena dampak krisis virus korona. Ini termasuk jaminan kredit yang didukung negara untuk perusahaan dan pinjaman serta bantuan bagi masyarakat miskin.
 
"Kebijakan tersebut menuju arah yang benar dan saya berharap semua orang akan mendukungnya," kata Wakil Presiden Bank Sentral Eropa Luis de Guindos, menyambut baik langkah-langkah Spanyol tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif