Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: Video Kepresidenan Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: Video Kepresidenan Ukraina

Zelensky Tegaskan Tidak Akan Hadiri KTT G20 Jika Putin Datang

Medcom • 04 November 2022 10:43
Kyiv: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa dia tidak akan ambil bagian dalam pertemuan puncak Kelompok ekonomi utama, G20 jika Presiden Rusia Vladimir Putin hadir.
 
Zelensky mengatakan kepada wartawan setelah pembicaraan di Kyiv dengan Presiden Yunani bahwa dia telah diundang untuk berpartisipasi dalam KTT pada 15-16 November oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.
 
"Posisi pribadi saya dan posisi Ukraina adalah jika pemimpin Federasi Rusia ambil bagian, maka Ukraina tidak akan ambil bagian. Kita lihat saja nanti seperti apa," kata Zelensky seperti dikutip dari AFP, Jumat 4 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara dilansir dari video pernyataan Zelensky yang disiarkan oleh Kedubes Ukraina di Jakarta, Presiden Ukraina itu mengatakan membahas persiapan untuk KTT G20.
 
Presiden Ukraina mengatakan sebelumnya pada hari Kamis bahwa ia telah berbicara dengan Widodo melalui telepon dan membahas persiapan untuk KTT G20 serta kesepakatan biji-bijian Laut Hitam.
 
“Ini adalah upaya kami untuk mencegah krisis pangan. Dan saya berterima kasih kepada Bapak Presiden (Jokowi) atas dukungannya dalam hal ini, atas penilaian positifnya terhadap upaya kami,” imbuh Zelensky.
 
Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Perang yang sekarang memasuki bulan kesembilan telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang mengungsi dan menghancurkan kota-kota besar. Moskow menggambarkan tindakannya sebagai operasi militer khusus.
 
Sementara untuk pelaksanaan KTT G20, 17 kepala negara dipastikan terkonfirmasi hadir. Sementara masih ada tiga kepala negara lain yang belum memberikan konfirmasi kehadirannya.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif