Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengundurkan diri./AFP
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengundurkan diri./AFP

PM Inggris Umumkan Akan Lengser dari Jabatannya

Marcheilla Ariesta • 07 Juli 2022 16:02
London: Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson diperkirakan akan mengumumkan pengunduran dirinya. Rencananya mengundurkan diri setelah ia melewati berbagai skandal, termasuk pesta saat penguncian covid-19.
 
"Boris Johnson akan mundur sebagai perdana menteri setelah memberitahu ketua Komite 1922 bahwa ia akan melakukan pengunduran diri," demikian dilaporkan The Guardian, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Sementara itu, BBC melaporkan, Johnson akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan masih menjadi PM hingga musim gugur mendatang. "Boris Johnson akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Konservatif hari ini, (dan) melanjutkan sebagai Perdana Menteri Inggris hingga musim gugur," lapor mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belum jelas mengenai pengunduran dirinya ini, namun, ia sudah dipastikan akan mengumumkannya dalam waktu cepat atau lambat. Pengunduran dirinya dilakukan setelah 54 menterinya mundur sejak Selasa lalu.
 
Seorang juru bicara Downing Street 10 mengonfirmasi bahwa ia berencana membuat pernyataan. Rencana pengunduran dirinya ini akan dilakukan setelah puluhan pejabat mundur dan sejumlah anggota parlemen dari partai Konservatif. 
 

 
Mereka menilai Johnson tak layak lagi menjadi perdana menteri karena terlalu banyak skandal yang membelitnya. Sederhananya, mereka menganggap Johnson tak pantas jadi PM karena beberapa tindakan dan kebijakannya.
 
Partai Konservatif merupakan pengusung Johnson saat pemilihan perdana menteri pada 2019 lalu.
 
Salah satu anggota parlemen dari Partai Konservatif, Andrew Bridgen, bahkan menilai pengunduran diri para menteri merupakan 'pencapaian' Johnson. Ia lantas menyarankan sang PM untuk angkat kaki dari kursi kekuasaannya.
 
"Ini saatnya Boris pergi. Dia bisa melakukan ini beberapa jam lagi jika dia mau," ujar Bridgen.
 
Beberapa hari ini tercatat 44 pejabat mundur. Bermula dari Menteri Keuangan Rishi Sunak, dan Menteri Kesehatan Sajid Javid, Menteri Urusan Anak dan Keluarga Will Quince, Menteri Muda Transportasi Laura Trott dan Menteri Sekolah Robin Walker, serta disusul yang lain.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif