Capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden. Foto: AFP
Capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden. Foto: AFP

Joe Biden Tuntut Donald Trump Tes Covid-19 Sebelum Debat Selanjutnya

Internasional joe biden donald trump covid-19 Debat Presiden Amerika
Fajar Nugraha • 16 Oktober 2020 09:59
Philadelphia: Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan bahwa dia akan menuntut Presiden Donald Trump untuk menjalani tes covid-19, sebelum berpartisipasi dalam debat. Trump sebelumnya dinyatakan positif covid-19 beberapa hari setelah debat pertama selesai September lalu.
 
Biden menegaskan tes itu harus menunjukkan hasil negatif, jika Trump benar-benar ingin kembali dalam debat. Ketegasan ini dilontarkan oleh Biden dalam dialog terbuka di Philadelphia pada Kamis 15 Oktober 2020 atau Jumat 16 Oktober waktu Indonesia.
 
"Apakah Anda akan menuntut Presiden Trump melakukan tes (covid-19) dan hasilnya negatif sebelum Anda berdebat?" tanya moderator Dialog Terbuka ABC, George Stephanopoulos kepada Biden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya. Sebelum saya datang ke sini, saya melakukan tes lagi dan telah mengambilnya setiap hari, tes mendalam (swab),” ujar Biden.
 
“Karena jika saya tidak lulus tes itu, saya tidak ingin datang ke sini dan tidak mengekspos siapa pun. Tak peduli tentang saya, tetapi orang-orang, kamerman, juga mereka yang berdinas di Secret Service, semua orang itu,” tegasnya.
 
Baik Biden dan Trump melakukan dialog terbuka secara terpisah dan disiarkan secara langsung. Trump melakukan dialognya di Miami dan Biden di Philadelphia.
 
Ketika berbicara dengan moderator Savannah Guthrie bersama NBC News, Trump tidak memberikan pernyataan yang jelas mengenai pertanyaan apakah dia melakukan tes covid-19 pada debat pertama lalu. Trump justru mengulangi pernyataan palsu bahwa 85 persen masker tidak berfungsi mencegah covid-19.
 
Trump dan Biden akan berdebat Kamis depan. Debat presiden kedua yang semula dijadwalkan hari ini dibatalkan setelah Trump keberatan dengan format virtual yang diumumkan oleh Komisi Debat Presiden. Format virtual diajukan setelah Trump didiagnosis positif virus korona.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif