PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: Dave Chan/AFP/Getty)
PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: Dave Chan/AFP/Getty)

Trudeau Absen dalam Pertemuan Trump di Washington

Internasional politik kanada
Willy Haryono • 07 Juli 2020 09:53
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memutuskan tidak akan mengunjungi Washington pekan ini. Padahal, ia diundang untuk merayakan perjanjian dagang Amerika Utara bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.
 
Dalam sebuah panggilan telepon pada Senin 6 Juli 2020, Trudeau mengatakan kepada Lopez Obrador bahwa dirinya berharap pertemuan dengan Trump di Washington dapat berlangsung sukses.
 
Lopez Obrador, yang mendesak Trudeau untuk ikut ke Washington, dijadwalkan bertemu Trump di Gedung Putih pada Rabu besok. Ini akan menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sejak menjabat 19 bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor PM Kanada mengatakan Trudeau tidak akan pergi ke Washington, karena harus memimpin rapat kabinet dan juga menghadiri pertemuan parlemen di Ottawa.
 
"Kami berharap Amerika Serikat dan Meksiko dapat bertemu dengan sukses pada Rabu besok," ujar pernyataan kantor PM Kanada, dilansir dari laman Voice of America.
 
Pekan kemarin, Trudeau mengaku tak yakin dapat mengunjungi Washington. Kekhawatiran disampaikan di tengah kemungkinan adanya penerapan tarif oleh AS terhadap produk alumunium Kanada.
 
Trudeau juga menyinggung mengenai kekhawatiran virus korona (covid-19). Saat ini, AS masih menjadi negara teratas dalam bidang jumlah kasus dan kematian akibat covid-19.
 
Menerima keputusan Trudeau, Lopez Obrador kemudian mengundang sang PM Kanada ke Meksiko. Trudeau pun merespons baik, dan sepakat untuk mengunjungi Meksiko "sesegera mungkin."
 
Sebelum bertolak ke Washington, Lopez Obrador akan terlebih dahulu menjalani tes covid-19 pada Selasa ini. Setibanya di AS, ia akan menjalani tes lanjutan.
 

(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif