Puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina. Foto: AFP
Puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina. Foto: AFP

Uni Eropa Menanti Rusia Bertanggungjawab Atas Jatuhnya MH17

Internasional uni eropa mh17
Fajar Nugraha • 17 Juli 2020 08:06
Brussels: Sudah enam tahun pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah udara Ukraina. Rusia dianggap sebagai pihak yang bertangungjawab karena rudal yang diduga menjatuhkan pesawat itu, berasal dari mereka.
 
Perwakilan Tinggi Uni Eropa melontarkan pernyataan dalam peringatan enam tahun insiden yang menewaskan 298 orang dari 17 kewarganegaraan itu. Uni Eropa senantiasa merasakan simpati mendalam bagi semua yang kehilangan orang yang dicintai.
 
“Uni Eropa menegaskan kembali dukungan penuhnya terhadap semua upaya dalam menegakkan kebenaran, mencapai keadilan bagi 298 korban jatuhnya pesawat MH17 dan keluarga terdekat mereka. Serta menuntut pihak yang bertanggungjawab, sesuai dengan Resolusi 2166 dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB),” pernyataan tertulis Uni Eropa, yang diterima Medcom.id, Jumat 17 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Uni Eropa mencatat semua langkah yang telah diambil dan menanti Rusia untuk bertanggung jawab dan sepenuhnya bekerja sama dalam upaya untuk menegakkan pertanggungjawaban,” jelasnya.
 
Pemerintah Belanda telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Eropa tentang Hak Asasi Manusia (ECHR) terhadap Rusia atas penembakan yang terjadi pada 2014 itu.
 
"Pemerintah Belanda mengajukan gugatan terhadap Rusia ke ECHR. Gugatan diajukan atas kecelakaan MH17 di Ukraina timur pada 17 Juli 2014,” pihak pengadilan menyampaikan.
 
Pengadilan menjelaskan bahwa Pemerintah Belanda mengklaim bahwa pesawat itu ditembak oleh rudal, diluncurkan dari sistem pertahanan udara Buk yang diduga milik Rusia.
 
"Federasi Rusia berulang kali membantah keterlibatannya dalam penghancuran pesawat," pengadilan menambahkan.
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zarkharova mengatakan sebelumnya, bahwa keputusan Den Haag untuk beralih ke ECHR atas kecelakaan Boeing Malaysia adalah pukulan lain bagi hubungan Rusia-Belanda, dan bahwa Den Haag 'memulai tindakan unilateral menyalahkan Rusia' atas kecelakaan MH17 dari awal.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif