Bendera WHO berkibar di markas besarnya di Jenewa, Swiss. (AFP)
Bendera WHO berkibar di markas besarnya di Jenewa, Swiss. (AFP)

WHO Pantau Varian IHU yang Terdeteksi di Prancis

Internasional prancis WHO covid-19 pandemi covid-19 Varian IHU
Willy Haryono • 05 Januari 2022 10:45
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku tengah memantau secara seksama kemunculan varian baru Covid-19 yang terdeteksi di Prancis. Varian baru yang untuk sementara dilabeli "IHU" itu disebut Prancis "kemungkinan" berasal dari Kamerun.
 
Menurut otoritas kesehatan Prancis, varian IHU itu teridentifikasi di 12 orang di wilayah Southern Alp. Prancis menyebut identifikasi 12 orang ini terjadi di waktu yang hampir sama di saat varian Omicron terdeteksi di Afrika Selatan.
 
"Varian (IHU) ini sudah berada di dalam radar kami," kata Abdi Mahamud, manajer insiden WHO untuk urusan Covid-19, dalam sebuah konferensi pers di Jenewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Virus itu memiliki banyak kesempatan untuk menulari (orang-orang)," sambungnya, dilansir dari nypost, Selasa, 4 Januari 2022.
 
Kabar kemunculan varian IHU muncul di saat Prancis mencatat lonjakan kasus harian Covid-19 hingga dua kali lipat dari sebelumnya dalam sepekan. Selasa kemarin, Prancis mencatat total 271.686 infeksi harian Covid-19.
 
Nama "IHU" diambil dari akronim tempat penelitian di Prancis, yakni University Hospital Institute for Infectious Disease yang berlokasi di Marseille. Varian IHU ini diketahui memiliki 46 mutasi.
 
"Dua belas pasien positif SARS-CoV tinggal di area sama di Prancis tenggara. Tes qPCR memperlihatkan mutasi-mutasi tertentu yang memperlihatkan kombinasi tak biasa," tutur Philippe Colson, dari IHU Mediterranee Infection di Marseille.
 
"Masih terlalu dini untuk berspekulasi mengenai fitur-fitur virologi, epidemiologi dan klinis dari varian IHU ini," lanjutnya.
 
Menurut studi terbaru ini, pasien pertama varian IHU adalah orang dewasa yang sudah divaksinasi. Ia didiagnosis positif varian IHU usai pulang ke Prancis usai mengunjungi Kamerun, sebuah negara di Afrika tengah.
 
Baca:  Prancis Deteksi Varian Baru Covid-19 IHU, 12 Orang Telah Terinfeksi
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif