NEWSTICKER
Pemeriksaan suhu tubuh warga Italia terkait virus korona. Foto: AFP
Pemeriksaan suhu tubuh warga Italia terkait virus korona. Foto: AFP

475 Meninggal dalam Sehari Akibat Korona di Italia

Internasional Virus Korona italia virus corona
Arpan Rahman • 19 Maret 2020 12:48
Roma: Jumlah orang yang meninggal akibat virus korona covid-19 di Italia telah meningkat 475 dalam satu hari. Angka tersebut menambah jumlah kematian secara keseluruhan di Italia menjadi hampir 3.000, menjadi peningkatan terbesar sejak wabah.
 
Total 35.713 kasus yang dikonfirmasi di negara ini, lebih dari 4.000 berhasil dipulihkan. Lombardy, wilayah yang paling parah dilanda, mencatat 319 kematian dalam satu hari.
 
Italia adalah negara yang terparah kena dampaknya di dunia setelah Tiongkok, tempat virus itu berasal tahun lalu. Setidaknya 8.758 orang sudah tewas, sebagian besar di Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagian besar dari lebih dari 200.000 kasus yang dikonfirmasi -,80 persen,- telah terjadi di Eropa dan Pasifik Barat. Termasuk juga meliputi sebagian besar Asia,” kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Banyak negara telah mengambil langkah drastis, termasuk menjauhkan jarak sosial dan membatalkan acara besar untuk membantu memperlambat penularan dan mengurangi tekanan pada sistem kesehatan.
 
"Tetapi untuk menekan dan mengendalikan epidemi, negara-negara harus mengisolasi, menguji, merawat, dan melacak," kata kepala WHO Tedros Ghebreyesus, disiarkan dari BBC, Kamis 19 Maret 2020.
 
Italia terkunci selama hampir dua pekan tatkala pihak berwenang berusaha menghentikan perkembangan virus. Warga diminta tetap tinggal di dalam ruangan -- tetapi jumlah kematian terus meningkat.
 
Direktur kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan ini mungkin karena jumlah kasus yang mencengangkan dalam sistem kesehatan, serta tingginya jumlah lansia dalam populasi pada umumnya.
 
Dr Ghebreyesus memuji permulaan uji coba vaksin pertama segera setelah kemunculan virus sebagai ‘sebuah pencapaian luar biasa’.
 
Baca: Tiongkok Mulai Uji Vaksin Eksperimental Korona ke Manusia.
 
Sementara Spanyol sekarang mencatat 598 orang meninggal dan 13.716 infeksi. Penyelidikan akan diluncurkan ke kematian setidaknya 17 warga panti jompo di Madrid, di mana puluhan kasus covid-19 telah dilaporkan.
 
Di Prancis, jumlah kasus yang dikonfirmasi tumbuh lebih dari 16 persen pada Selasa, mencapai 7.730, sementara jumlah kematian meningkat menjadi 175, dengan 7 persen dari korban meninggal berusia di bawah 65 tahun. Di Inggris, jumlah kematian telah mencapai 104 orang.
 
Jerman mencatati 12 kematian dan 8.198 kasus. Dalam pidato di TV, Kanselir Angela Merkel mendesak Jerman untuk mematuhi pembatasan yang bertujuan memerangi pandemi. "Sejak penyatuan kembali Jerman, sebenarnya, sejak Perang Dunia Kedua, tidak pernah ada tantangan bagi negara kita di mana bertindak dalam solidaritas sangat penting," katanya.
 
Belgia memiliki 14 kematian dan 1.486 kasus. Para pelancong dari luar Uni Eropa ditolak dari bandara dan perbatasan setelah blok 27 negara memberlakukan larangan 30 hari untuk menghentikan penyebaran virus korona.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif