Wakil Presiden Argentina Cristina Kirchner lolos dari upaya pembunuhan. Foto: AFP
Wakil Presiden Argentina Cristina Kirchner lolos dari upaya pembunuhan. Foto: AFP

Sepasang Kekasih Ternyata Merencanakan Pembunuhan Wapres Argentina

Fajar Nugraha • 08 September 2022 11:07
Buenos Aires: Pria yang dituduh mencoba menembak Wakil Presiden Argentina Cristina Kirchner pekan lalu merencanakan serangan itu dengan pacarnya. Hal ini diutarakan berdasarkan dakwaan awal yang diajukan oleh seorang hakim.
 
“Terduga penembak dalam serangan dari jarak dekat, Fernando Sabag Montiel, dan pacarnya, Brenda Uliarte dituduh mencoba membunuh Kirchner dengan perencanaan dan persetujuan sebelumnya. Keduanya kini dalam tahanan,” kata Hakim Maria Eugenia Capuchetti dalam dakwaan keduanya, menurut kantor berita Telam, seperti dikutip AFP, Kamis 8 September 2022.
 
Kirchner yang terkena skandal, selamat dari upaya pembunuhan saat dia berbaur dengan pendukungnya di luar rumahnya Kamis malam lalu, ketika pistol yang diacungkan oleh Sabag Montiel gagal ditembakkan. Pria berusia 35 tahun itu diamankan di tempat.
 
Baca: Wapres Argentina Cristina Kirchner Ditodong Pistol oleh Seorang Pria.

“Rekaman video menunjukkan rekannya yang berusia 23 tahun menemani Sabag Montiel pada hari serangan itu,” kata media lokal, mengutip sumber yang dekat dengan penyelidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kirchner menikmati basis dukungan yang setia di antara para pengikut gerakan Peronis kiri-tengah yang diwarisi dari mantan presiden Juan Peron. Tapi dia tidak disukai dalam ukuran yang sama oleh oposisi politik.
 
Puluhan ribu orang Argentina turun ke jalan setelah upaya penembakan itu.
 
Uliarte ditangkap di bawah surat perintah yang dikeluarkan oleh hakim yang bertanggung jawab atas penyelidikan, menurut sumber peradilan yang dikutip oleh media lokal, termasuk kantor berita resmi Telam.
 
Dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi lokal Telefe bahwa dia telah tinggal dengan Sabag Montiel selama lebih dari sebulan tetapi belum melihatnya dalam 48 jam sebelum kejadian.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif