Rusia peringatkan peningkatan aktivitas militer NATO di Kutub Utara. Foto: AFP
Rusia peringatkan peningkatan aktivitas militer NATO di Kutub Utara. Foto: AFP

Rusia Peringatkan NATO Terkait Peningkatan Aktivitas Militer di Kutub Utara

Internasional ukraina nato rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 18 April 2022 15:54
Moskow: Rusia khawatir tentang peningkatan aktivitas pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Kutub Utara. Mereka melihat risiko ‘insiden yang tidak diinginkan’ terjadi di wilayah tersebut.
 
Kantor berita TASS mengutip Duta Besar Rusia Nikolai Korchunov memberikan peringatan mengenai NATO pada Minggu 17 April 2022.
 
Pada Maret, Finlandia dan Swedia, yang keduanya mempertimbangkan untuk bergabung dengan aliansi militer NATO pimpinan AS, melakukan latihan militer gabungan NATO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Latihan itu sudah lama direncanakan, tetapi invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari menambah intensitas latihan perang. Moskow menggambarkan tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus".
 
“Peningkatan aktivitas NATO baru-baru ini di Kutub Utara menimbulkan kekhawatiran. Latihan militer skala besar lainnya dari aliansi baru-baru ini diadakan di Norwegia utara. Dalam pandangan kami, ini tidak berkontribusi pada keamanan kawasan itu,” kata Korchunov.
 
“Aktivitas semacam itu meningkatkan risiko ‘insiden yang tidak diinginkan’, yang selain risiko keamanan, juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem Arktik,” tegasnya.
 
Dia tidak merinci jenis insiden apa yang mungkin dia maksud.
 
Salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan NATO pada Kamis bahwa jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO maka Rusia akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di eksklave Eropa.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif