4 Warga Italia meninggal akibat pembekuan darah usai vaksinasi covid-19. Foto: AFP.
4 Warga Italia meninggal akibat pembekuan darah usai vaksinasi covid-19. Foto: AFP.

4 Orang Meninggal Akibat Pembekuan Darah Usai Vaksin Covid-19 di Italia

Internasional Italia vaksin covid-19 AstraZeneca
Marcheilla Ariesta • 16 April 2021 17:10
Roma: Sebanyak empat orang meninggal di Italia akibat pembekuan darah yang langka. Hal ini terjadi usai keempatnya menerima vaksin virus korona (covid-19) AstraZeneca.
 
Laporan ini disampaikan Badan Farmasi Nasional Italia (AIFA). Mereka menambahkan, terdapat berbagai efek samping terlihat setelah 0,5 persen dari 9,07 juta dosis yang diberikan antara 27 Desember hingga 26 Maret.
 
Dari ketiga vaksin yang digunakan sejauh ini di Italia, yakni Pfizer-BioNTech, Moderna, dan AstraZeneca, dua diantaranya dilaporkan memicu reaksi yang tidak diinginkan. Dua vaksin tersebut adalah AstraZeneca dan Moderna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari AFP, Jumat, 16 April 2021, efek samping yang parah tercatat pada 0,04 persen kasus. Efek samping ringan telah dilaporkan setelah penggunaan ketiga vaksin tersebut.
 
"Sebagian besar efek samping bergejala mirip flu, dan nyeri di tempat bekas suntikan, serta kelelahan," tutur AIFA.
 
Baca juga: Denmark Resmi Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca Secara Penuh
 
Seperti banyak negara Eropa, Italia sempat menghentikan program vaksinasi dengan AstraZeneca bulan lalu ketika masalah pembekuan darah muncul. Sejak saat itu, mereka melanjutkan vaksinasi dengan AstraZeneca untuk warga berusia 60 tahun ke atas.
 
AIFA mengatakan ada 11 kasus di Italia yang mengalami pembekuan darah usai vaksinasi covid-19. Jenis pembekuan darah, yakni trombosis sinus vena serebral (CVST) dan trombosis yang melibatkan banyak pembuluh darah.
 
"Empat dari 11 kasus pembekuan darah, meninggal dunia," imbuh AIFA.
 
AstraZeneca mengatakan pihaknya saat ini sedang memahami kasus pembekuan darah yang terjadi. Kemungkinan diperlukan waktu untuk menjelaskan peristiwa yang sangat langka ini.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif