Rusia bebaskan pebasket AS Brittney Griner, ditukar dengan pedagang senjata Viktor Bout./AFP
Rusia bebaskan pebasket AS Brittney Griner, ditukar dengan pedagang senjata Viktor Bout./AFP

Dibebaskan, Pebasket Perempuan AS Brittney Griner Ditukar dengan Penjahat Maut Rusia

Marcheilla Ariesta • 08 Desember 2022 22:12
Moskow: Rusia membebaskan bintang WNBA Brittney Griner dalam pertukaran tahanan tingkat tinggi dengan Amerika Serikat (AS). Sedangkan Washington membebaskan pedagang senjata terkenal Rusia Viktor Bout.
 
Pertukaran, yang dilakukan saat ketegangan meningkat atas Ukraina, mencapai tujuan utama bagi Presiden AS Joe Biden.
 
"Namun, hal ini membawa harga yang mahal dan meninggalkan seorang Amerika yang dipenjara hampir empat tahun di Rusia," lapor The Guardian, Kamis, 8 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesepakatan itu, yang pertukaran kedua dalam delapan bulan dengan Rusia, membebaskan orang Amerika paling terkenal yang ditahan di luar negeri. 
 
Baca juga: AS-Rusia Saling Tuduh Tak Tertarik Negosiasi Damai di Ukraina
 
Griner adalah peraih medali emas Olimpiade dua kali yang dipenjara selama berbulan-bulan atas tuduhan narkoba, membawa perhatian yang belum pernah terjadi.
 
Sebelumnya, Paul Whelan, seorang eksekutif keamanan perusahaan Michigan, telah dipenjara di Rusia sejak Desember 2018 atas tuduhan spionase. Tuduhan yang menurut keluarganya dan pemerintah AS tidak berdasar.
 
Untuk membebaskan penjahat Rusia yang dijuluki 'Pedagang Maut', otorisasi Biden mendapat tekanan yang meningkat untuk membawa Griner pulang. Terlebih setelah penyelesaian kasus kriminalnya baru-baru ini dan persidangan untuk hukuman terakhirnya.
 
Pertukaran itu dikonfirmasi oleh pejabat AS yang mengetahui langsung tentang negosiasi. Sumber tidak berwenang untuk membahas kesepakatan secara terbuka, sebelum pengumuman Gedung Putih, dan berbicara secara anonim.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif