Ilustrasi rudal Tiongkok./AFP
Ilustrasi rudal Tiongkok./AFP

Pentagon Desak Tiongkok Mengakui Uji Coba Senjata Hipersonik

Internasional Tiongkok Pentagon Rudal Hipersonik Tiongkok
Marcheilla Ariesta • 22 November 2021 21:45
Washington: Tiongkok diduga melakukan uji coba senjata hipersonik pada Juli lalu. Menurut laporan Financial Times, Negeri Tirai Bambu memamerkan teknologi mereka yang dinilai menentang fisika.
 
Para ilmuwan di badan penelitian DARPA Pentagon nampaknya masih mencoba mencari tahu bagaimana kendaraan luncur hipersonik (HGV) Tiongkok mampu menembakkan rudal lain di tengah penerbangan.
 
HGV merupakan sejenis pesawat ruang angkasa yang memiliki kemampuan nuklir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat kabar itu melaporkan bahwa tidak ada konsensus di antara para ahli militer mengenai tujuan rudal tersebut, yang diarahkan ke Laut China Selatan. Beberapa tampaknya percaya itu adalah proyektil udara-ke-udara, sementara yang lain berpikir itu adalah tindakan balasan terhadap sistem pertahanan rudal yang akan menargetkan HGV.
 
Baca juga: Wang Yi: Tiongkok Inginkan Perkuat Solidaritas, Bukan Konflik
 
Dilansir dari Russia Today, Senin, 22 November 2021, Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan sedang bersiap untuk mempertahankan dan mencegah berbagai ancaman. Seorang juru bicara badan Gedung Putih mengatakan, kemajuan itu mengkhawatirkan semua negara yang mencari perdamaian dan stabilitas kawasan di sekitarnya.
 
Namun, Tiongkok secara konsisten membantah laporan mengenai uji coba senjata hipersonik. Mereka menegaskan, peluncuran pada Juli lalu adalah uji reguler kendaraan luar angkasa yang dapat digunakan kembali.
 
Juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok di Amerika Serikat (AS) Liu Pengyu menuturkan, mereka tidak mengetahui mengenai uji coba rudal tersebut.
 
"Kami sama sekali tidak tertarik untuk mengadakan perlombaan senjata dengan negara lain," kata Pengyu.
 
Menurutnya, AS dalam beberapa tahun terakhir mencari alasan seperti 'ancaman Tiongkok' untuk membenarkan ekspansi dan pengembangan senjata hipersonik mereka.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif