NEWSTICKER
PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: AFP)
PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: AFP)

Antisipasi Korona, Kanada dan Prancis Tutup Perbatasan

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 17 Maret 2020 15:30
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menutup semua titik perbatasan darat dan udara dalam rangka meredam angka penyebaran virus korona covid-19. Trudeau menegaskan, semua warga asing, kecuali dari Amerika Serikat, tidak bisa lagi memasuki Kanada.
 
Saat ini, Kanada hanya membuka penerbangan internasional dari AS di empat bandara utama.
 
"Kebijakan ini tidak termasuk kru penerbangan, penumpang transit, diplomat, keluarga kandung warga Kanada, atau warga permanen," tutur Trudeau, seperti dikutip dari UPI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Prancis Emmanuel Macron juga melakukan langkah serupa. Ia mengatakan perbatasan Prancis akan mulai ditutup hari ini, Selasa 17 Maret 2020.
 
"Semua perjalanan antar negara non-Eropa dan Uni Eropa akan dihentikan. Warga Prancis yang ada di luar negeri tentu dibolehkan pulang," sebut Macron.
 
Rusia juga akan menutup semua titik perbatasannya dari warga asing dengan beberapa pengecualian hingga 1 Mei mendatang. Sudan pun demikian, yang telah menutup semua pelabuhan, perbatasan darat, dan juga bandara.
 
Sebelumnya, Komisi Eropa berencana melarang semua perjalanan non-esensial di seantero zona Schengen di tengah mewabahnya covid-19.
 
Presiden Komisi Eropa Urusla von der Leyen mengaku akan meminta para petinggi negara eropa untuk mengimplementasikan langkah tersebut mulai Selasa ini. "Semakin sedikit adanya perjalanan, maka kita dapat semakin mudah menangani virus," ucap Ursula.
 
Sementara di Jerman, Kanselir Angela Merkel telah melarang semua acara keagamaan dan meminta warga untuk membatalkan semua rencana wisata domestik maupun luar negeri. Merkel juga memerintahkan agar semua toko non-esensial untuk ditutup.
 
Seluruh sekolah di Jerman juga sudah ditutup dalam upaya Merkel menekan angka penyebaran covid-19.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif