Presiden AS Donald Trump (kiri) berdiri di samping Wapres AS Mike Pence (tengah) di Gedung Putih. (AFP)
Presiden AS Donald Trump (kiri) berdiri di samping Wapres AS Mike Pence (tengah) di Gedung Putih. (AFP)

Kepada Trump, Pence Mengaku Tak Bisa Halangi Sertifikasi Biden

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Mike Pence
Willy Haryono • 06 Januari 2021 08:26
Washington: Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengatakan kepada Presiden AS Donald Trump bahwa dirinya tidak bisa menghalangi proses sertifikasi kemenangan Joe Biden dalam pemilihan umum 2020. Kabar pembicaraan antara Pence dan Trump disampaikan kantor berita New York Times pada Selasa malam, usai mengutip beberapa sumber terkait hal tersebut.
 
Dalam kampanye di Georgia, Trump berharap Pence dapat menghalangi proses sertifikasi Biden di Kongres pada Rabu, 6 Januari 2021.
 
"Saya harap Mike Pence dapat menyampaikan kabar gembira bagi kita semua," kata Trump dalam acara kampanye pemungutan suara Senat putaran kedua di negara bagian Georgia.
 
"Jika dia tidak berhasil, maka saya tidak akan menyukainya lagi seperti sekarang," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Trump Tekan Pence untuk Hambat Sertifikasi Biden
 
Sebagai Presiden Senat AS, Pence akan memimpin jalannya proses sertifikasi Biden, termasuk proses menerima hasil perolehan suara elektoral (electoral college) dalam pemilu AS.
 
Sebelumnya, Sekelompok senator Partai Republik di bawah pimpinan senator Ted Cruz bertekad menghalangi proses sertifikasi Biden dengan menolak elektor dari beberapa negara bagian dan menyerukan dilakukannya audit surat suara.
 
Pence terindikasi mendukung gerakan para senator tersebut. Namun kini Pence diduga sudah menyadari bahwa langkah tersebut tidak akan membuahkan hasil apapun.
 
Sejumlah pihak menilai langkah para senator di bawah Cruz hanya merupakan bentuk kesetiaan kepada Trump. Pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell sebelumnya telah meminta para senator untuk tidak mendukung langkah tersebut.
 
Biden telah dinyatakan sebagai pemenang pemilu AS lewat perolehan 306 suara elektoral dari 270 yang dibutuhkan untuk menang, sementara Trump hanya berhasil meraih 232
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif