Menlu Rusia dikonfirmasi hadir di pertemuan menteri luar negeri G20 pekan depan./AFP
Menlu Rusia dikonfirmasi hadir di pertemuan menteri luar negeri G20 pekan depan./AFP

Menlu Rusia Dikonfirmasi Hadir dalam Pertemuan G20 Pekan Depan

Marcheilla Ariesta • 29 Juni 2022 07:45
Moskow: Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menghadiri pertemuan para menlu G20 di Bali pekan depan. Kehadirannya dikonfirmasi seorang pejabat kedutaan Rusia di Indonesia pada Selasa kemarin.
 
Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebutnya 'operasi khusus', telah membayangi proses G20 tahun ini. Beberapa negara Barat mengancam akan memboikot pertemuan puncak para pemimpin jika Presiden Rusia Vladimir Putin hadir.
 
Meskipun belum ada indikasi dari Moskow bahwa Lavrov tidak akan hadir, partisipasi Rusia di acara-acara G20 telah menjadi sumber ketegangan, termasuk pemogokan oleh pejabat AS, Inggris dan Kanada pada pertemuan keuangan G20 pada April lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai ketua G20, Indonesia telah mencoba untuk menyatukan kelompok tersebut dan telah mengundang para pemimpin Rusia dan Ukraina ke KTT November mendatang.
 
Denis Tetiushin, juru bicara kedutaan Rusia di Jakarta, mengonfirmasi kepada Reuters, yang dikutip oleh The Star, Rabu, 29 Juni 2022, bahwa Lavrov akan bergabung dalam pertemuan 7-8 Juli di pulau Bali.  Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI tidak dapat mengonfirmasi hal tersebut.
 
Sementara itu Presiden Indonesia Joko Widodo akan bertemu dengan rekan-rekannya dari Rusia dan Ukraina selama kunjungan ke Kiev dan Moskow pekan ini dalam misi pembangunan perdamaian. Ia berharap juga untuk membahas pembebasan ekspor biji-bijian.
 
Jokowi kini dalam perjalanan menuju Kiev, Ukraina. Dari Jerman, ia terbang ke Polandia, dan kemudian melanjutkan 12 jam perjalanan kereta untuk mencapai ibu kota Ukraina tersebut.
 
Baca juga: Rusia Bantah Serang Mal di Ukraina
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif