Penembakan usai penangkapan Ovidio Guzman, anak Joaquin El Chapo Guzman./AFP
Penembakan usai penangkapan Ovidio Guzman, anak Joaquin El Chapo Guzman./AFP

Pesawat Sipil Ditembak, Buntut Penangkapan Anak Bos Kartel Narkoba Meksiko

Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2023 19:29
Sinaloa: Pasukan keamanan Meksiko menangkap pemimpin kartel narkoba Ovidio Guzman, putra gembong Joaquin "El Chapo" Guzman. Kejadian ini memicu gelombang kekerasan yang menewaskan tujuh anggota pasukan keamanan, termasuk seorang kolonel.
 
Kekerasan itu termasuk baku tembak di kota Culiacan di negara bagian Sinaloa utara, rumah bagi kartel narkoba yang kuat dengan nama yang sama yang dipimpin El Chapo sebelum ekstradisinya ke Amerika Serikat pada 2017.
 
Bandara kota terjebak dalam kekerasan. Maskapai penerbangan Meksiko Aeromexico mengatakan, salah satu pesawatnya terkena tembakan menjelang jadwal penerbangan ke Mexico City.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada yang terluka dalam insiden ini," kata mereka, dilansir dari The Age, Jumat, 6 Januari 2023.
 
Gubernur negara bagian Ruben Rocha mengatakan, 21 personel pasukan keamanan telah terluka serta delapan warga sipil. Rocha mengatakan telah terjadi 12 bentrokan dengan aparat keamanan, 25 aksi penjarahan, dan 250 kendaraan dibakar dan digunakan untuk memblokir jalan.
 
"Besok kami pikir kami akan dapat bekerja secara normal," katanya. 
 
Baca juga: Meksiko Tangkap Putra Gembong Narkoba Terkenal 'El Chapo'
 
Ia menambahkan, akan memanggil lebih banyak bala bantuan dari tentara atau Garda Nasional.
 
Amerika Serikat telah menawarkan hadiah USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau hukuman Ovidio. 
 
Operasi yang gagal untuk menahan Ovidio pada 2019 berakhir dengan penghinaan bagi pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, setelah penangkapan tersebut memicu gelombang kekerasan yang memaksa pihak berwenang menutup sekolah dan bandara Culiacan.
 
Saat itu, Ovidio yang menjadi tokoh kunci dalam kartel sejak ayahnya ditangkap, segera dibebaskan untuk mengakhiri retribusi kekerasan dari kartelnya.
 
Menteri Pertahanan Luis Cresencio Sandoval membenarkan penangkapan kembali pria berusia 32 tahun itu pada Kamis, mengatakan Ovidio ditahan di ibu kota, Mexico City.
 
Video yang dibagikan di media sosial, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters, tampaknya menunjukkan pertempuran sengit semalam di Culiacan, dengan langit diterangi oleh tembakan helikopter.
 
David Tellez, seorang penumpang yang naik pesawat Aeromexico bersama istri dan tiga anaknya, mengatakan mereka telah memutuskan untuk tinggal di bandara sampai aman untuk berangkat.
 
"Kota ini lebih buruk. Ada banyak penembakan dan kebingungan," katanya.
 
Sebuah pesawat angkatan udara Meksiko juga ditembak, kata badan penerbangan federal, menambahkan bahwa bandara di Culiacan, serta di kota Mazatlan dan Los Mochis di Sinaloa, akan tetap ditutup sampai keamanan dapat dipastikan.
 
Sementara itu, penangkapan terbaru Ovidio terjadi sebelum pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara di Mexico City minggu depan, yang akan dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden dan diperkirakan akan membahas keamanan.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif