Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir dorong organisasi Indonesia ikut Paris Peace Forum. Dok.KBRI Paris
Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir dorong organisasi Indonesia ikut Paris Peace Forum. Dok.KBRI Paris

Kontribusi Indonesia Dinantikan dalam Paris Peace Forum

Marcheilla Ariesta • 11 Juni 2020 05:04
Jakarta: Kehadiran Indonesia kembali dinantikan dalam Paris Peace Forum (PPF). Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard mengatakan, Indonesia sebagai mitra penting bagi perdamaian dunia.
 
"Indonesia selama dua tahun ini diwakili berbagai lembaga sipil dari berbagai bidang seperti keagamaan, lingkungan, kesetaraan gender dan inklusi sosial. Kami ingin agar Indonesia kembali berpartisipasi tahun ini," kata Chambard dalam webinar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Rabu 10 Juni 2020.
 
PPF tahun ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Forum ini merupakan inisiasi pemerintah Prancis untuk menampilkan berbagai proyek dari organisasi masyarakat atas isu yang saat ini terjadi di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini, tema besar forum tersebut mengenai masalah kesehatan. Terlebih, dunia saat ini dihantui virus korona (covid-19).
 
Rencananya, kegiatan PPF 2020 akan digelar pada November mendatang. Menurut Chambard, keikutsertaan Indonesia dalam forum ini akan berkontribusi pada hubungan bilateral Indonesia dan Prancis.
 
Chambard menilai Indonesia sebagai tokoh di ASEAN yang memiliki semangat kuat untuk menciptakan perubahan dunia ke arah yang lebih baik. Terlebih Indonesia selalu menerapkan prinsip multilateralisme.
 
"Saya kira kedua negara memiliki prioritas yang sama, yaitu memperkuat perdamaian dunia, melawan terorisme dan mendukung multilateralisme," imbuhnya.
 
Dalam kesempatan sama, Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir juga mengajak berbagai organisasi masyarakat sipil di Indonesia ikut serta dalam forum tersebut.
 
"Partisipasi Anda dalam forum ini dengan proyek yang sukses dilakukan akan menunjukkan kontribusi Indonesia untuk dunia yang lebih baik," serunya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif