NEWSTICKER
Bill Gates yakin jika vaksin korona covid-19 bisa ditemukan dengan cepat. Foto: AFP
Bill Gates yakin jika vaksin korona covid-19 bisa ditemukan dengan cepat. Foto: AFP

Bill Gates: Vaksin Korona Bisa Dimiliki 18 Bulan Mendatang

Internasional bill gates Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 19 Maret 2020 12:56
Washington: Bill Gates yakin jika vaksin korona covid-19 bisa ditemukan dengan cepat. Bahkan, dalam waktu 18 bulan, masyarakat dunia bisa memilikinya.
 
Baca: Tiongkok Mulai Uji Vaksin Eksperimental Korona ke Manusia.
 
Pendiri Microsoft itu menuturkan saat ini sejumlah lembaga berbeda sedang bekerja untuk membuat vaksin virus korona pertama di dunia. Setelah diproduksi, kata Gates, vaksi tersebut akan diuji para profesional kesehatan sebelum bisa dimiliki masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Vaksin pertama yang kami dapatkan akan diberikan kepada petugas kesehatan dan pekerja dengan risiko tinggi. Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan jika semuanya berjalan dengan baik," kata orang terkaya kedua dunia tersebut, dilansir dari Business Insider, Kamis 19 Maret 2020.
 
Yayasan Bill dan Melinda Gates merupakan salah satu pendukung Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, sebuah kelompok yang menyediakan dana bagi para ilmuwan yang bekerja pada vaksin virus korona baru. Organisasi ini mengumumkan proyek covid-19 ketujuh mereka pada Rabu kemarin.
 
Pernyataan Bill Gates ini sejalan dengan proyeksi para pejabat kesehatan. Kepala bagian penyakit menular Institut Nasional Kesehatan Anthony Fauci mengatakan proses pembuatan vaksin akan memakan waktu 12 hingga 18 bulan.
 
Moderna, sebuah perusahaan bioteknologi Massachusetts pekan ini sudah meluncurkan percobaan pertama pada manusia untuk antivirus korona awal pekan ini. Perusaan menggunakan teknologi yang disebut sebagai 'messenger RNA' yang tidak pernah menghasilkan vaksin yang disetujui
 
"Beberapa menggunakan pendekatan baru yang disebut RNA yang tidak terbukti," ucap Gates.
 
Namun, katanya, lembaga harus membangun banyak manufaktur untuk pendekatan berbeda. Langkah ini dilakukan dengan mengetahui beberapa dari antivirus yang tengah dibuat tidak bekerja.
 
"Kita benar-benar membutuhkan miliaran vaksin untuk melindungi dunia. Vaksin memerlukan pengujian untuk memastikan mereka aman dan efektif," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif