Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)
Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)

AS Kembali Tunda Vaksinasi Covid-19 Anak di Bawah 5 Tahun

Marcheilla Ariesta • 12 Februari 2022 17:41
Washington: Amerika Serikat (AS) kembali menunda vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak dengan usia enam bulan hingga empat tahun. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) mengatakan, perlu data lebih banyak untuk melaksanakan vaksinasi tersebut.
 
FDA berencana membuat keputusan vaksinasi anak berdasarkan data uji coba awal. Mereka mengatakan, vaksin merupakan kebutuhan utama bagi kesehatan masyarakat, terutama setelah terjadinya lonjakan infeksi Covid-19 yang dipicu kemunculan varian Omicron.
 
Awalnya, rencana vaksinasi anak di AS dijadwalkan pada 21 Februari mendatang. Namun, rencana itu ditunda lagi hingga dua bulan ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak orang tua menanti dengan cemas kabar mengenai vaksinasi untuk anak mereka. Jumlah yang menjadi target dalam vaksinasi ini berkisar 18 juta anak. FDA mengaku membutuhkan waktu untuk memastikan vaksin memenuhi standar yang telah ditetapkan otoritas kesehatan.
 
"Jika sesuatu tidak memenuhi standar, kami tidak dapat melanjutkan," seru Dr Peter Marks, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Biologi FDA, dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, 12 Febuari 2022.
 
Marks mencatat beberapa data baru yang mendorong FDA untuk menunda keputusan itu datang terlambat.
 
Pfizer dan BioNTech telah mengirimkan data tentang dua dosis pertama dari apa yang direncanakan sebagai rejimen tiga dosis untuk kelompok anak di awal bulan ini atas permintaan FDA. Tapi, mereka belum merilis data kemanjuran.
 
Desember lalu, kedua perusahaan mengatakan hasil uji coba awal vaksin dosis rendah tidak sesuai harapan pada anak berusia dua hingga empat tahun. Keduanya akan melanjutkan uji coba untuk memberi dosis pada semua anak dengan tiga suntikan, dan datanya diharapkan keluar pada April mendatang.
 
"Masuk akal untuk terlebih dahulu menunggu data keamanan dan kemanjuran dalam skema tiga dosis," ujar Dr Paul Offit dari Rumah Sakit Anak Philadelphia.
 
Baca:  AS Sebut Vaksin Pfizer Aman dan Efektif untuk Anak Usia 5-11 Tahun
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif