Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (AFP)
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (AFP)

Populer Internasional: WHO Komentari Tiongkok hingga Serangan Teroris di Suriah

Willy Haryono • 31 Desember 2022 11:24
Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa pembatasan yang diberlakukan beberapa negara sebagai tanggapan terhadap lonjakan covid-19 di Tiongkok dapat dimengerti. Ini mengingat kurangnya informasi dari Beijing.
 
Komentar WHO terkait situasi di Tiongkok menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Sabtu, 31 Desember 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah rudal Ukraina yang jatuh di wilayah Belarusia dan tewasnya 10 pekerja kilang minyak di Suriah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut selengkapnya:

Dirjen WHO Benarkan Pengetatan Aturan Masuk untuk Pelancong Tiongkok

Tedros mendesak Tiongkok untuk lebih terbuka dalam situasi pandemi. Komentarnya muncul ketika Amerika Serikat (AS) bergabung dengan beberapa negara dalam memberlakukan tes covid-19 pada pelancong dari Tiongkok setelah Beijing mencabut pembatasan perjalanan ke luar negeri meskipun ada lonjakan kasus.
 
Badan Kesehatan Uni Eropa mengatakan, bagaimanapun bahwa tindakan seperti itu tidak dibenarkan untuk saat ini.
 
“Untuk membuat penilaian risiko yang komprehensif terhadap situasi covid-19 di Tiongkok, WHO membutuhkan informasi yang lebih rinci,” kata Dr Tedros.
 
Apa lagi yang disampaikan Tedros terkait hal ini? Cek selengkapnya di sini.

Rudal Ukraina Jatuh di Wilayahnya, Belarusia Layangkan Protes

Belarus memprotes Ukraina setelah menjatuhkan rudal pertahanan udara S-300 di wilayahnya. Ini terjadi selama salah satu serangan udara terberat Rusia terhadap Ukraina sejak dimulainya perang pada Februari 2022.
 
Komisaris militer wilayah Brest, Oleg Konovalov, mengecilkan insiden tersebut dalam sebuah video yang diposting di media sosial oleh kantor berita BelTA yang dikelola negara. Dia mengatakan, penduduk setempat sama sekali tidak perlu khawatir. Sayangnya, hal-hal ini terjadi.
 
Dia membandingkan insiden itu dengan yang terjadi pada November, ketika sebuah S-300 yang diyakini telah tersesat setelah ditembakkan oleh pertahanan udara Ukraina mendarat di wilayah Polandia yang merupakan anggota NATO. Namun demikian, Duta Besar Ukraina dipanggil ke kementerian luar negeri di Minsk untuk menerima protes resmi.
 
Apa lagi yang disampaikan otoritas Belarusia terkait hal ini? Cek selengkapnya di sini.

10 Pekerja Kilang Minyak di Suriah Tewas dalam Serangan Teroris

Sebuah serangan di Suriah menewaskan 10 pekerja ladang minyak. Serangan terjadi sehari setelah pasukan pimpinan Kurdi Suriah mengumumkan serangan terhadap para militan.
 
"Selain 10 orang tewas, dua orang lainnya terluka dalam serangan teroris yang menargetkan tiga bus yang mengangkut pekerja dari ladang minyak al-Taim di Provinsi Deir Ezzor," lapor media SANA.
 
SANA tidak memberikan informasi apa pun tentang sifat serangan di daerah yang dikuasai Kurdi atau siapa yang mungkin berada di belakangnya.
 
Apa lagi yang disampaikan SANA terkait hal ini? Cek selengkapnya di sini.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif