Utusan PBB untuk Suriah Geir Pedersen. (Foto: Fabrice Coffrini/AFP)
Utusan PBB untuk Suriah Geir Pedersen. (Foto: Fabrice Coffrini/AFP)

Dialog Damai Konflik Suriah Berjalan Mulus

Internasional konflik suriah
Willy Haryono • 30 Agustus 2020 20:04
Jenewa: Dialog damai putaran ketiga terkait konflik Suriah di Jenewa, Swiss, berjalan mulus. Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Suriah, Geir Pedersen, mengatakan bahwa delegasi dua kubu bertikai di Suriah memperlihatkan "sikap saling menghormati" selama dialog.
 
"Saat kami sudah menyepakati agenda pertemuan, maka kami juga akan segera menentukan tanggal pasti pertemuan berikutnya," ujar Pedersen saat berbicara kepada awak media di Jenewa, dikutip dari laman Yeni Safak, Minggu 30 Agustus 2020.
 
Pemimpin delegasi oposisi konflik Suriah, Hadi al-Bahra, berharap dialog damai putaran keempat dapat berlangsung pada akhir September atau awal Oktober tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konferensi pers Pedersen digelar usai dialog damai konflik Suriah sempat ditunda karena beberapa anggota delegasi dinyatakan positif mengidap virus korona (covid-19). Kabar adanya delegasi yang positif covid-19 muncul di hari pertama dialog, yakni pada Senin 24 Agustus.
 
Dua putaran dialog damai konflik Suriah di Jenewa tahun lalu gagal menghasilkan hasil konkret. Hal itu disebabkan delegasi Pemerintah Suriah dan oposisi tidak mencapai kata sepakat mengenai agenda dialog.
 
Pedersen mengaku masih terus berusaha membangun kepercayaan antar kedua kubu. Konflik di Suriah sudah berkecamuk sejak 2011.
 
"Saya sangat senang ketika mendengar bahwa kedua delegasi merasa memiliki kesamaan pandangan untuk beberapa isu," kata Pedersen.
 
"Dan saya berharap nanti saat kami bertemu kembali, kami dapat membangun beberapa kesamaan pandangan itu dan mendorong dialog ini lebih jauh," pungkasnya.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif