Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov peringatkan invasi ke Ukraina bisa jadi Perang Dunia III./AFP
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov peringatkan invasi ke Ukraina bisa jadi Perang Dunia III./AFP

Menlu Rusia Peringatkan Invasi ke Ukraina Berisiko Perang Dunia III

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Sergey Lavrov Perang Rusia-Ukraina
Marcheilla Ariesta • 26 April 2022 08:14
Moskow: Rusia memperingatkan konflik Ukraina berisiko menjadi perang dunia ketiga. Mereka menuduh Kiev bermain di pembicaraan damai sehari setelah kunjungan pejabat Amerika Serikat (AS).
 
Konflik memicu ledakan dukungan dari negara-negara Barat. Hal ini terlihat dari banyaknya bantuan senjata mengalir ke Ukraina untuk berperang melawan Rusia.
 
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengkritik pendekatan Kiev untuk menggagalkan pembicaraan damai. Menurutnya, risiko Perang Dunia III 'sangat serius'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu nyata, Anda tidak bisa meremehkannya," tutur Lavrov, dikutip dari AFP, Selasa, 26 April 2022.
 
Sementara dia mengatakan pembicaraan dengan Kiev akan berlanjut, Lavrov menuduh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky 'berpura-pura' untuk bernegosiasi.
 
"Anda akan menemukan seribu kontradiksi," lanjutnya.
 
Baca juga: Rusia Umumkan Gencatan Senjata di Sekitar Pabrik Baja Azovstal Mariupol
 
Selama berbulan-bulan, Zelensky meminta sekutu barat Ukraina untuk senjata berat - termasuk artileri dan jet tempur - bersumpah pasukannya dapat mengubah gelombang perang dengan lebih banyak daya tembak.
 
Seruan itu tampaknya beresonansi sekarang, dengan sejumlah negara NATO berjanji untuk menyediakan berbagai senjata dan peralatan berat, meskipun ada protes dari Moskow.
 
"Langkah pertama untuk menang adalah percaya bahwa Anda bisa menang," kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin usai bertemu Zelensky di Kiev.
 
"Kami percaya bahwa kami bisa menang — mereka bisa menang — jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat," sambungnya.
 
Sementara itu, Zelensky memuji perlawanan dari pasukan dan warga Ukraina. "Berkat keberanian, kebijaksanaan para pembela kami, berkat keberanian semua warga Ukraina - negara kami adalah simbol sejati perjuangan untuk kebebasan," kata Zelensky.
 
Rusia dalam beberapa pekan terakhir menuduh pasukan Ukraina menyerang sasaran di tanah Rusia, termasuk dua desa di Belgorod dan satu lagi di wilayah Bryansk.
 
Gubernur wilayah Kursk dekat Ukraina juga mengatakan pasukan Rusia telah menembak jatuh dua pesawat tak berawak Ukraina pada dini hari.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif