Anak-anak di Amerika Serikat (AS) terima vaksinasi covid-19. Foto: AFP
Anak-anak di Amerika Serikat (AS) terima vaksinasi covid-19. Foto: AFP

CDC: Vaksin Pfizer-BioNTech Timbulkan Efek Samping Ringan pada Anak

Fajar Nugraha • 31 Desember 2021 14:02
Washington: Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), vaksin covid-19 Pfizer-BioNTech sebagian besar menyebabkan efek samping ringan pada anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun. 
 
Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 31 Desember 2021, data menunjukkan bahwa setelah dosis kedua vaksin, beberapa anak melaporkan nyeri di tempat suntikan dan reaksi sistemik lainnya seperti kelelahan dan sakit kepala.
 
“Kami menerima laporan 11 kasus miokarditis, sejenis peradangan jantung pada anak-anak berusia 5-11 tahun yang telah menerima vaksin. Dari mereka, tujuh telah pulih, dan empat dalam pemulihan pada saat laporan,” ujar CDC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Miokarditis adalah efek samping yang jarang terjadi setelah vaksin mRNA. Laporan CDC menjelaskan sistem Pelaporan Kejadian Buruk Vaksin AS (VAERS) menerima 4.249 laporan efek samping, dimana 97,6 persen di antaranya tidak serius.
 
“Sejumlah kasus tersebut dilaporkan di VAERS dan v-safe, sistem pengawasan keamanan berbasis smartphone sukarela untuk efek samping setelah vaksinasi covid-19 antara 3 November dan 19 Desember lalu,” sebut pihak CDC.
 
“Sekitar 8,7 juta dosis vaksin Pfizer telah diberikan kepada anak-anak dalam kelompok usia tersebut,” imbuh CDC.
 
Pengesahan vaksin tersebut diketahui berlangsung di AS bagi anak berusia 5 hingga 15 tahun pada akhir Oktober. Selain itu, merupakan satu-satunya suntikan yang diizinkan untuk kelompok usia tersebut.
 
Sebuah studi terpisah oleh CDC menunjukkan bahwa vaksin dua dosis Pfizer adalah 92 persen efektif melawan infeksi virus corona pada remaja berusia 12 hingga 17 tahun.
 
Badan yang berbasis di Atlanta, Georgia, AS tersebut pun menerangkan periode pengamatan untuk analisis bertepatan dengan periode dominasi varian Delta di AS. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif